Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Khasiat dan Manfaat Buah Merah Khas Papua

Buah merah dikenal sebagai buah tradisional dari Propinsi Papua. Buah ini di sebut kuansu oleh masyarakat Wamena, Papua. Sedangkan nama ilmiahnya yaitu Pandanus Conoideus yang masuk tanaman keluarga pandan-pandanan, dengan bentuk pohon mirip pandan, dengan ktinggian bisa mencapai 16 meter. Bagi orang Wamena, buah ini sering disajikan sebagai makanan dalam pesta adat bakar batu, namun banyak juga yang memanfaatkannya sebagai obat tradisional.

Sari buah merah telah dibuktikan manfaatnya begitu banyak orang, ada yang menyatakan dan meyakini bahwa buah merah sangat ampuh dalam mengatasi berbagai penyakit degenratif. Khasiat sari dari buah merah sebagai suplemen kesehatan untuk pertama kali diperkenalkan oleh seraong peneliti yang bernama I Made Budi. Pada awalnya, hasil penelitian olahan buah merah yang dia buat hanya dibagikan kepada keluarga dan para tetangga yang menderita sakit. Karena terbukti ampuh, berita soal buah merah cepat menyebar ke seluruh penjuru nusantara, bahkan hingga ke luar negeri.

Kandungan & Senyawa Kimia

Buah merah mengandung tokoferol, alfatokoferol, dan betakaroten, yang berfungsi sebagai antioksidan dan sangat ampuh menangkal radikal bebas. Ketiga senyawa ini membantu proses penyembuhan penyakit tumor, kanker, dan HIV/AIDS. Senyawa antioksidan ini bekerja menekan dan membunuh sel-sel kanker yang mematikan.

Tokoferol merupakan vitamin E alami yang bisa mengencerkan darah. Senyawa ini tentu sangat baik bagi penderita stroke. salah satu pemicu stroke adalah tekanan darah tinggi dan penggumpalan darah di pembuluh darah. Jika tekanan darah meningkat dan terjadi penggumpalan atau penyumbatan dalam pembuluh darah, maka pembuluh darah bisa pecah, pecahnya pembuluh darah ini disebut stroke. tokoferol akan membantu mengencerkan darah, mencegah penggumpalan darah, serta memperbaiki system kerja jantung, sehingga tekanan darah bisa turun.

Sementara itu, betakaroten akan diubah menjadi vitamin A yang tidak bisa diproduksi oleh tubuh manusia. Vitamin A tersebut membantu menyembuhkan penyakit yang berhubungan dengan mata.
Tidak hanya itu, buah merah juga mengandung senyawa asam lemak tak jenuh, seperti omega 9, omega 6, dan omega 3, yang berperan membantu sistem kerja otak. Selain itu, di dalam tubuh, senyawa ini juga bisa bekerja sebagai antioksidan. Kalsium dan zat besi yang terdapat dalam buah merah tergolong tinggi dan bisa membantu mencegah dan mengobati penyakit osteoporosis yang menggerogoti tulang.

Khasiat dan Manfaat

Buah merah sangat berkhasiat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit, sebut saja penyakit kanker, tumor, kolesterol, asam urat, hipertensi, diabetes, hepatitis, flex paru, jantung coroner, sakit mata dan osteoporosis. Di samping itu, buah merah juga ampuh untuk meningkatkan daya tahan tubuh sehingga dapat membantu melemahkan virus HIV/AIDS.

Untuk mendapatkan semua manfaat dari buah merah cukup mudah, karena saat ini buah merah sudah di jual dipasaran dengan harga yang beragam, baik berupa herbal cair hingga yang berbentuk tablet.