4 Jenis Sayuran Yang Cocok Untuk Penderita Diabetes

Ketat dalam pemilihan setiap makanan yang dikonsumsi memang harus dilakukan ketika orang sudah memiliki penyakit diabetes
Ketat dalam pemilihan setiap makanan yang dikonsumsi memang harus dilakukan ketika orang sudah memiliki penyakit diabetes. Bahkan ketika orang tersebut berada pada tahapan berisiko pun juga sudah perlu selektif dan membatasi makanan-makanan yang memungkinkan bisa meningkatkan kadar  gula dalam darah. Sementara itu perlu memperbanyak makanan yang bisa membantu menurunkan atau menjaga kadar gula darah tetap stabil.  Salah satunya adalah sayuran. Meskipun begitu tidak semua jenis sayuran aman dikonsumsi penderita diabetes. Ada pula jenis sayuran yang bisa dikonsumsi namun dengan jumlah yang wajar dan tidak berlebihan. baca juga : obat diabetes alami

Lalu Jenis Sayuran Apa yang tepat untuk penderita diabetes? Berikut ini beberapa diantaranya jenis sayuran yang mampu membantu menjaga kesehatan penderita diabetes, yaitu :

1. Sayuran yang memiliki daun hijau. Penderita diabetes biasanya mengalami gangguan pada darahnya dan memungkinkan terkena anemia, autoimun, perdarahan dan sebagainya. Nah, mengonsumsi sayuran hijau seperti selada, brokoli, kali, bayam, sawi hijau, dan lainnya mampu mencegah terjadinya gangguan yang terjadi pada darah yang biasanya dialami penderita diabetes.

2. Sayuran yang memiliki serat tinggi. Serat sangat bermanfaat untuk membantu proses pencernaan. Sifat serat yang sulit dan membutuhkan waktu yang lama untuk dicerna membantu kadar gula dalam darah tetap stabil. Nah, sayuran dengan serat tinggi inilah yang perlu banyak dikonsumsi. Anda bisa mengonsumsi kubis, bayam, kacang panjang, kacang polong, buncis, dan lainnya. Serat tinggi juga ditemukan pada kulit buah. Misalnya apel, pir, dan lainnya. Sayangnya terkadang orang tidak mengonsumsinya.

3. Sayuran Minim zat Tepung dan Karbohidrat. Memangnya ada jenis sayur dengan kandungan zat tepung dan karbohidrat? Jagung bisa dikatakan salah satunya. Terkadang jagung memang disarankan untuk dikonsumsi penderita diabetes, namun sebaiknya dibatasi. Jagung juga memiliki kandungan gula meskipun indek glikemiks nya tidak setinggi nasi putih. Kandungan karbohidrat maupun zat tepung bisa meningkatkan kadar gula. Jadi sebaiknya mengonsumsi sayuran yang minim zat tepung misalnya kacang-kacangan, kale dan sebagainya.

4. Pare. Sayuran satu ini memiliki rasa yang pahit.  Namun perlu diketahui sayuran ini kaya vitamin C, kaya serat, kalium dan karoten. Pare bisa dibuat jus dengan dicampur jeruk nipis. Bisa juga dikonsumsi dengan direbus. Hindari tumis maupun dimasak dengan santan. Pare membantu mengurangi kadar gula dalam darah dengan efektif. Pare juga mampu mencegah tingginya kolesterol jahat dalam tubuh.

Diantara sayuran yang telah disebutkan tersebut memang ada yang memiliki rasa yang enak tetapi ada pula yang berasa pahit namun sama-sama besar manfaatnya. Jika Anda saat ini tengah didiagnosis mengalami diabetes maka jangan putus asa. Dengan pola makan serta upaya lain untuk menjaga kadar gula tetap normal maka kualitas hidup Anda tetap terjaga.