Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Khasiat dan Manfaat Kapulaga Untuk Kesehatan Anda

Nama Daerah : kapulaga, kapulogo

Kapulaga termasuk tumbuhan jenis rempah yang bersumber dari biji tanaman genera elekttaria dan Amomum dari keluarga Zingiberaceae (keluarga jahe-jahean). Kedua genera ini merupakan tanaman asli dari negara Bhutan, India, Bangladesh, Indonesia Nepal dan Pakistan. Biji dari buah kapulaga bisa dikenal dari bentuk biji polongnya yang kecil, penampang irisan berbentuk segitiga, gelendong kumparan, dngan kulit luar tipis, dan biji hitam kecil (sumber: Wikipedia.id)

Botani


Tumbuhan semak, tinggi 1-1,5 m, berbatang semu.Daun lonjong, ukuran panjang mencapai 30 cm, lebar 10 cm.Bunga majemuk berwarna putih.Buah kotak, berwarna putih, berbau harum.Merupakan tanaman obat yang dapat dipakai untuk campuran bumbu masak.Ada 3 macam kapulaga, yaitu kapulaga merah besar, kulit buah merah, diameter kurang lebih 2 cm; kapulaga merah kecil, kulit buah merah, diameter 1 cm dan kapulaga putih, kulit buah putih, diameter kurang lebih 2 cm.

Ekologi


Tumbuhan asli Indonesia, banyak tumbuh dipulau jawa, di hutan primer dan di hutan jati, pada ketinggian 200-1.000 m dpl.Dapat tumbuh di tanah berkapur.

Budidaya


Kapulaga diperbanyak secara generatif dengan biji, tetapi lebih sering dikembangbiakkan secara vegetatif dengan anakan atau turus tanaman.

 Khasiat dan Manfaat Kapulaga Untuk Kesehatan Anda

Varian Kapulaga

Tersebut ada 2 macam jenis kapulaga yang biasa digunakan di Indonesia, yakni kapulaga jawa (Amomum Compactum) dan Kapulaga seberang/kapulaga India (Elletaria Cardamomum), keduanya masuk dalam suku Zingiberaceae.

Kapulaga India diperkenalkan hingga ke Guatemala oleh pengusaha kopi dari Jerman, Oscar Majus Kloeffer, sebelum meletusnya Perang Dunia. Saat ini Guatemala tercatat sebagai penghasil kapulaga terbesar di seantero jagad, kemudian di ikuti oleh India, Indonesia sendiri juga turut membudidayakan tanaman dari keluarga jahe-jahean ini. Warna dari polong biji Ellearia memiliki warna hijau terang, sementara polong biji Amomum lebih besar dan berwarna coklat tua, itulah yang menjadi pembeda keduanya. Dna tahukah Anda bahwa saat ini kapulaga termasuk rempah termahal ke-3 di dunia, setelah saffron dan juga vanilla.

Kandungan Nutrisi Kapulaga

Pada setiap 100 gr kapulaga terkandung sekitar 300 kl, kapula juga mengandung serat, karbohidrat, natrium, kalium, zat besi, magnesium. Vitamin A, B dan Vitamin C.
Selain manfaat utamanya sebagai rempah-rempah untuk menambah cita rasa masakan, ternyata kapulaga memiliki manfaat kesehatan beragam untuk berbagai kondisi diantaranya:

Membantu Mengatasi Flu dan Batuk

Kapulaga memiliki efek hangat dan menenangkan yang mampu membantu menyembuhkan batuk, pilek, asma dan bronchitis, kapulaga juga memiliki efek mukolitik dan ekspektoransia sehingga mengurangi penyumbatan di jalan nafas (hidung dan tenggorokan).

Menjaga Kesehatan Lambung dan Pencernaan

Kapulaga memiliki efek untuk meningkatkan produksi air liur oleh kelenjar saliva sehingga baik untuk proses pencernaan makanan, kapulaga juga mengandung serat yang cukup sehingga mencegah terjadinya sukar B.A.B (sembelit), serat juga akan membantu peristaltic usus dan membantu membersihkan kotoran-kotoran apda usus.

Kandungan minyak asiri dari kapulaga sangat baik untuk mencegah pembentukan gas di dalam perut sehingga mampu mencegah gangguan perut kembung. Sedangkan cineol sejenis minyak dalam kapulaga berkhasiat untuk menyembuhkan ulkus peptikum (luka lambung), dan mencegah terjadinya ulkus oleh bakteri pylori.

Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

Dengan mengunyah kapulaga terbukti membantu mencegah bau mulut dan sakit gigi, minyak yang terdapat dari kapulaga sangat membantu untuk menjaga kesehatan gigi, gusi karena mengandung anti bakteri agent sehingga mencegah terjadinya infeksi pada rongga mulut dan gigi.

Mencegah Penyakit Keganasan (Kanker)

Kapulaga juga sering disebut-sebut sebagai anti karsinogen yang efektif menghambat pertumbuhan dan perkembangan sel-sel kanker di dalam tubuh. Kapulaga mengandung banyak sekali zat fitokimia, sebuts aja IC3 (indol-3-karbinol) dan DIM (diindolimetan) keduanya mampu mencegah terjadinya kanker mammae, prostat, dan ovarium cancer.

Menurunkan Tekanan Darah

Kapulaga mengandung banyak unsur serat dan juga kalium dimana keduanya mampu membantu menjaga tekanan darah tetap stabil/normal dengan cara menetralkan efek natrium dalam tubuh.

Nah itu beberapa diantaranya manfaat kapulaga untuk kesehatan kita, kapulaga juga sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit dan rambut, membantu menurunkan berat badan berlebih (obesitas), mengurangi stress dan memperbaiki mood, mencegah terbentuknya batu ginjal dan batu empedu, serta memperlancar buang air kecil.