4 Tanaman Obat Asam Urat

4 Tanaman Obat Asam Urat - Penyakit asam urat adalah penyakit yang menyerang pada sistem sendi, paling sering menyerang sendi kaki dan tangan. Penyakit ini ditandai dengan gejala yang sangat khas, dimana pada area sendi yang terserang tampak merah, membengkak, dan rasa nyeri. Penyebab penyakit sebagai akibat peningkatan zat purin (asam urat) dalam darah, sehingga menimbulkan gejala pada persendian.

Penyakit asam urat adalah penyakit yang menyerang pada sistem sendi, paling sering menyerang sendi kaki dan tangan

Untuk mengetahui lebih pasti bahwa seseorang menderita asam urat, penderita harus segera melakukan pemeriksaan di laboratorium. Untuk kadar asam urat (purin) normal pada pria berkisar 3,5 hingga 7 mg/dl dan pada wanita 2,6 – 6 mg/dl.

Selain penyebab khusus, peningkatan kadar asam urat juga dapat dipicu oleh pola makan yang tidak sehat, berikut ini beberapa makanan yang dapat memicu naiknya kadar asam urat dalam darah:
  • Jeroan: ginjal, limpa, babat, usus, hati, paru dan otak.
  • Seafood: udang, cumi-cumi, sotong, kerang, remis, tiram, kepiting, ikan teri, ikan sarden.
  • Ekstrak daging seperti abon dan dendeng.
  • Makanan yang sudah dikalengkan (contoh: kornet sapi, sarden).
  • Daging kambing, daging sapi, daging kuda.
  • Bebek, angsa dan kalkun.
  • Kacang-kacangan: kacang kedelai (termasuk tempe, tauco, oncom, susu kedelai), kacang tanah, kacang hijau, tauge, melinjo, emping.
  • Sayuran: kembang kol, bayam, asparagus, buncis, jamur kuping, daun singkong, daun pepaya, kangkung.
  • Keju, telur, krim, es krim, kaldu atau kuah daging yang kental.
  • Buah-buahan tertentu seperti durian, nanas dan air kelapa.
  • Makanan yang digoreng atau bersantan atau dimasak dengan menggunakan margarin/mentega.
  • Makanan kaya protein dan lemak.

Biasanya pengobatan medis yang diberikan oleh dokter jika seseorang sudah terdiagnosa menderita penyakit asam urat, diantaranya obat anti radang (anti inflamasi) yang bertujuan mengurangi atau menghilangkan pembengkakan, Analgetika untuk mengurangi rasa nyeri, dan obat khusus untuk menurunkan kadar asam urat itu sendiri. Hanya saja, tentunya komsumsi obat kimia dalam jangka waktu lama, apalagi jika penyakit asam uratnya sering kambuh, tidak baik untuk kesehatan jangka panjang, karena belum tentu semua obat tingkat penyerapannya maksimal, sehingga akumulasi residu yang menumpuk sedikit demi sedikit di dalam tubuh akan menimbulkan masalah kesehatan baru.

Oleh karena itu, saat ini masyarakat mulai banyak melirik pengobatan herbal dengan memanfaatkan tanaman obat untuk mengobati berbagai gangguan kesehatan, termasuk penyakit asam urat.

Nah, beberapa jenis tanaman obat untuk asam urat yang dapat digunakan untuk mencegah dan mengobati penyakit ini diantaranya.

1.Tanaman Anting-anting

Tanaman ini juga biasa dikenal dengan nama Akar Kucingan/ Rumput Kokosan. Tanaman ini dapat dimanfaatkan sebagai anti radang, pembersih hati, penambah nafsu makan, dan lain-lain. Pada tanaman ini juga memiliki karakter deuretik, sehingga mampu membantu dalam penyembuhan asam urat. Baca juga Khasiat Alami Tanaman Anting-anting

Cara Membuat Ramuan :

Tanaman kering ( seluruh batang ) sekitar30-60 gram direbus, air rebusan diminum 2 kali dan diulangi untuk
5-10 hari.

2.Sambiloto

Tanaman yang berasal dari India, yang lebih dikenal dengan sebutan kayu mas, lang, papaitan, bidara, ki peurat dan lain sebagainya. Tanaman ini juga mengandung senyawa seperti alkane, flavanoid, aldehid, keton dan juga mineral seperti kalium, natrium, dan kalsium ini dapat dimanfaatkan sebagai tanaman obat asam urat. Baca Juga : Kenali Segudang Khasiat Sambiloto

Cara Membuat Ramuan

Cuci bersih dan rebus sambiloto kering 10 gram, rimpang temulawak kering 10 gram, komfrey 5 – 10 gram, dan buah lada 1 gram dengan 5 gelas air hingga tersisa 3 gelas, diminum 3 kali satu gelas setiap hari, 1 jam sebelum makan atau 2 jam setelah makan.

3.Daun Salam

Walaupun daun salam sering dikenal masyarakat sebagai bumbu dapur, namun ternyata,  pada daun salam menyimpan senyawa minyak atsiri, flavonoid dan tannin yang dapat bermanfaat sebagai tanaman obat asam urat dan kolesterol.

Cara Membuat Ramuan

Rebus 10–15 lembar daun salam segar ataupun kering dengan 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas, minum 2 kali sehari masing-masing 1/2 gelas.

4.Kumis Kucing

Tanaman ini memang sangat dikenal sebagai tanaman obat yang mujarab, salah satunya kandungan yang ada pada tanaman ini seperti garam kalium dapat dimanfaatkan sebagai menghancurkan batu saluran kencing. Namun sifat diuretik yang ada pada tanaman ini juga sangat mujarab untuk membuang kelebihan asam urat yang dibuangnya melalui urine.

Cara Membuat Ramuan

Cuci bersih 10 gram daun kumis kucing kering atau 20 gram basah, 10 gram meniran kering atau 20 gram basah, 10 gram sawi tanah kering atau 20 gram basah, 15 gram jahe merah kering atau 30 gram basah, dan 10 gram kapulaga kering. Memarkan jahe merah dan gabung dengan bahan yang lain, rebus dalam satu liter air hingga tersisa setengahnya. Minum pagi, siang dan sore hari, masing-masing ¾ gelas (150 ml) atau minum dua kali sehari masing-masing 200 ml.

Demikian beberapa tanaman obat alternatif yang dapat digunakan untuk mencegah dan mengobati penyakit asam urat. Megurangi ketergantungan menggunakan obat-obat kimia merupakan pilihan bijak agar hidup Anda lebih berkualitas.