Kandungan Gizi dan 10 Ramuan Berkhasiat Buah Nanas

Buah nanas sangat baik untuk mengobati rasa penuh dilambung pada penyakit maag, radang tenggorokan, beri-beri, radang tenggorokan (bronchitis), penggumpalan darah (blood coagulation), aterosklerosis (penyempitan pembuluh darah), bengkak dan memar akibat pukulan benda tumpul, terlambat hadi, cacingan serta efek dieting (menurunkan berat badan), menghambat pertumbuhan tumor, dan meningkatkan proses penyerapan obat di dalam tubuh.
Anda pasti sudah tahu, kalau nanas merupakan jenis tanaman buah yang selalu ada sepanjang tahun, benar bukan? tinggi tanaman nanas bisa mencapai 50-150 cm. Daunnya berkumpul di bagian dalam roset akar, dan dibagian pangkal tanaman ini melebar dan menjadi pelepah. Helaian daun berbentuk pedang, tebal, liat,dengan panjang 80-120 cm dan lebar 2-6 cm. Ujung daun berbentuk lancip menyerupai duri. Sedangkan buah nanas, selain bisa dimakan secara langsung, juga dapat diawetkan dengan cara direbus dan diberi gula, dibuat selai, atau dibuat sirup.

Kandungan dan Senyawa Gizi

Nanas mengandung unsur vitamin A dan C, kalsium, fosfor, magnesium, besi, natrium, kalium, dekstrosa, sukrosa dan enzim bromelain. Bromelain memiliki khasiat sebagai antiradang, melunakkan makanan di dalam lambung, menekan pertumbuhan sel kanker dan juga agregasi platelet, serta mempunyai aktivitas fibrinolitik. Kandungan seratnya dapat mempermudah buang air besar pada penderita sembelit (konstipasi).

Khasiat dan Manfaat Buah Nanas

Buah nanas sangat baik untuk mengobati rasa penuh dilambung pada penyakit maag, radang tenggorokan, beri-beri, radang tenggorokan (bronchitis), penggumpalan darah (blood coagulation), aterosklerosis (penyempitan pembuluh darah), bengkak dan memar akibat pukulan benda tumpul, terlambat haid, cacingan serta efek dieting (menurunkan berat badan), menghambat pertumbuhan tumor, dan meningkatkan proses penyerapan obat di dalam tubuh.

10 Ramuan Berkhasiat Buah Nanas


1. Ramuan Untuk Mengobati Cacingan
Ambil dan kupas 1 buah nanas muda, lalu cuci hingga benar-benar bersih. Selanjutnya bilas dengan air masak, kemudian diparut. Jangan lupa disaring hasil parutannya, dan kemudian minumkan pada anak yang menderita cacingan sedikit demi sedikit.

2. Ramuan Untuk Keseleo dan Memar Akibat Terpukul
Kupas dan cuci bersih 1 buah nanas masak, jangan lupa di potong-potong terlebih dahulu, lalu dibuat jus. Setelah itu, diminum. Lakukan beberapa kali sampai keseleo dan memar hilang.

3. Ramuan Untuk Meredakan Radang Tenggorokan
Kupas 2 buah nanas yang telah masak, cuci hingga bersih. Potong-potong kecil kemudian di jus atau di parut. Selanjutnya peras, menggunakan kain bersih. Minum air perasan yang terkumpul sehari 3 kali, masing-masing 1/3 bagian setiap kali minum.

4. Ramuan Untuk Mengatasi Peradangan Kulit (dermatitis)
Sediakan ½ buah nanas yang telah masak. Kupas kulitnya. Lalu parut. Hasil parutannya dipakai untuk menggosok kulit yang bersisik dan mengelupas, baik di kulit kepala atau dibagian tubuh lainnya. Lakukan sekali sehari, pada malam sebelum tidur. Keesokan paginya, baru dicuci bersih. Lakukan setiap hari.

5. Ramuan Untuk Menghilangkan Ketombe
Sediakan ¼ buah nanas masak. Kupas kulitnya, lalu parut, peras,d an saring. Tambahkan air perasan 1 buah jeruk nipis dan aduk hingga merata. Ramuan ini digunakan untuk menggosok bagian kulit kepala yang berketombe. Lakukan pada malam sebelum tidur. Keesokan paginya, rambut dikeramas. Lakukan 2-3 kali seminggu.

6. Ramuan Untuk Menurunkan Berat Badan
Ambil dan Kupas 1 buah nanas yang belum terlalu matang, lalu cuci hingga bersih. Potong-potong, kemudian di jus atau diparut. Selanjutnya, peras dengan menggunakan saringan kain bersih dan perasannya langsung diminum. Lakukan 2 kali sehari masing-masing ½ bagian.

7. Ramuan Untuk Mengobati Sembelit
Ambil 3 buah nanas yang belum masak, kupas kulitnya, lalu di cuci bersih. Kemudian, dijus atau diparut, baru diperas. Air perasannya dapat diminum sesudah makan dua kali dalam sehari, masing-masing setengah gelas.

8. Ramuan Untuk Mengobati Beri-Beri
Ambil dan kupas 2 buah nanas yang sudah tua dan masak, jangan lupa dicuci terlebih dahulu. Kemudian, dijus atau diparut, baru diperas. Minum air perasannya sekaligus. Idealnya diminum pagi atau siang setelah makan.

9. Ramuan Untuk Menyembuhkan Luka Bakar, Gatal dan Bisul.
Cuci daun nanas sampai bersih, lalu tumbuk hingga benar-benar halus. Selanjutnya, balurkan ramuan tersebut pada bagian yang terluka.

10. Ramuan untuk menghilangkan rasa penuh di lambung sebab pencernaan terganggu
Minum jus nanas dengan dosis 3 kali sehari sebanyak ¾ gelas (150 cc). Lakukan setengah jam sebelum makan.

Catatan:
  • Ibu hamil dilarang minum perasan nanas muda.
  • Buah nanas dalam saluran cerna akan difermentasi menjadi alkohol yang bisa membuat rematik gout kambuh.
  • Penderita kencing manis (diabetes mellitus) dianjurkan untuk membatasi komsumsi buah nanas karena kandungan gula pada buah nanas yang masak, tergolong tinggi.