Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Khasiat Herbal Zi Su Zi ( Platycodi Radix)

Herbal Zi Su Zi ( Platycodi Radix) - Tanaman ini asli dari dataran Cina. Dalam Bahasa cina dikenal dengan Zi Su Zi. Rasanya pahit tajam dan suhunya cenderung hangat. Kandungan bahan kimia di dalamnya yaitu: mannitol, glukosa, sakarosa, malic acid, citric acid, coixol, arundoin, cylindol A, graminone B, Imperanene, stigmasterol, campesterol, beta-sitosterol, fernenol, arborinone, arborinol, isoarborinol, simiarenol, anemonin, dan tannin.


Bekerja pada tubuh bagian paru-paru, perut, usus besar. Mampu mengobati batuk pilek, sembelit, batuk berdahak, bronchitis purulent, pneumonia, abses, sputum purulent, tonsilitis, laryngitis, faringitis, eksem, luka bakar, dan bisul.

Bagian yang digunakan adalah rimpang kering. Dosis 3-10 gram, standar 6 gram dimasak selama 20 menit.

Efek Fisiologis/Farmakologis

Memiliki efek menenangkan pada pernapasan traktat dan mempromosikan dahak: berlaku vitro antimycotic (infeksi jamur kulit). Komponen saponin memiliki Tindakan expectorating, menghambat sekresi lambung, menyembuhkan bisul, memiliki efek analgesic, anti-alergi, antipiretik, jika di berikan parenteral dan lemah antibakteri property. Memiliki efek hemolitik hanya sifatnya sebagai sebuah ekspektoran yang baik.

Kontra Indikasi

Dahak yang mengandung darah, gejala defisiensi. Penggunaan selama kehamilan diperbolehkan.

Sumber: Kitab Obat Tradisional Cina hal.499

Posting Komentar untuk "Khasiat Herbal Zi Su Zi ( Platycodi Radix)"