Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ini Dia Khasiat Akar Mengkudu Yang Perlu Anda Ketahui

Herbal Mengkudu dikenal juga dengan nama Pace, dan dalam bahasa Cina biasa disebut dengan Ba Ji sebab yang dimanfaatkan mereka adalah akarnya. Tanaman ini bisa hidup dan tumbuh di dataran hingga pada ketinggian 1500 m. Tinggi pohon mengkudu bisa mencapai 3 – 8 m. Secara tradisional, masyarakat Aceh menggunakan buah mengkudu sebagai sayura dan rujak. Daunnya juga digunakan sebagai salah satu bahan nicah peugaga yang sering muncul sebagai menu wajib buka puasa.

akar mengkudu berkhasiat mengobati kelemahan dan rasa sakit pinggang, lutut, nyeri punggung dll



Selama ini, bagian yang banyak digunakan dari mengkudu adalah buahnya yang memiliki khasiat untuk mengobati berbagai penyakit,(Baca : Buah Mengkudu dan Khasiatnya). Namun, tahukah Anda bahwa ternyata akar pohon mengkudu juga memiliki keistimewaan dalam menyembuhkan berbagai gangguan penyakit.

Rasa dan sensasi dari tanaman herbal ini adalah manis dan tajam, suhu cenderung hangat, dan mengandung sejumlah senyawa kimia seperti : xerononine, alizarin, sterois, caprylic, arginine, lycine sosium, antra quinines, proxeronine, magnesium, phenylalanine, dan trace elemens.

Target organ dari penggunaan tanaman herbal ini adalah bagian hati dan ginjal. Akar mengkudu berkhasiat mengobati kelemahan dan rasa sakit pinggang dan lutut, sensasi dingin dibelakang, nyeri punggung, spermatorrhoea, sering buang air kecil. Peru-paru qi: batuk kronis, sesak napas, mengi, sembelit, luka pada cairan, penurunan cairan pada pasien usia lanjut. Sembelit pada pasien usia lanjut, sembelit pada keadaan demam. Infertilitas, impotensi, inkontenensia, masalah menstruasi, rasa dingin, nyeri pada perut bagian bawah, kelemahan dan nyeri pada pinggang.

Bagian yang digunakan adalah akar tanaman yang telah dikeringkan. Dosis 9-15 gram, standar 10 gram. Dimasak terlebih dahulu selama 20 menit.

Efek farmakologi, meningkatkan kadar plasma kortikosteroid dengan menstimulasi kelenjar hipofisis dan adrenal. Penggunaan selama kehamilan diperbolehkan.