8 Khasiat Terbaik Buah Semangka, Baca Yuk !

8 Khasiat Terbaik Buah Semangka
Semangka adalah buah yang mampu memberikan kesegaran dan menghilangkan dahaga, benar bukan? setidaknya, ada dua jenis buah semangka yang banyak tersedia di pasaran, yaitu yang daging buahnya berwarna merah dan yang berwarna kuning. Dua jenis itu sama-sama mempunyai rasa yang manis dan menyegarkan.

Kandungan dan Senyawa Kimia

Sebuah penelitian di Amerika melaporkan, semangka mengandung zat bernama sitrulin. Zat ini mampu merangsang produksi senyawa kimia yang membuat pembuluh darah menjadi lentur dan rileks.

Saat buah semangka dikomsumsi, sitrulin akan bereaksi dengan enzim tubuh dalam jumlah yang cukup banyak. Zat ini lalu berubah menjadi arginine, sejenis asam amino yang berkhasiat bagi jantung serta system peredaran darah dan kekebalan tubuh.

Menurut penelitian tersebut, sitrulin justru lebih banyak ditemukan di kulit buah semangka, yakni sekitar 60% ketimbang dalam dagingnya. Tetapi, presentasenya juga bervariasi. Sitrulin lebih banyak ditemukan pada semangka yang berwarna kuning.

Khasiat dan Manfaat Buah Semangka

1. Sebagai Makanan Diet
Dengan kombinasi kadar gula yang terbatas dan air yang berlimpah, semangka dapat mengenyangkan lambung dengan cepat.

2. Obat Sariawan
Saat mengupas semangka, sebaiknya bagian hijau dekat kulitnya jangan dibuang, karena itu justru bagian terpenting yang dapat menyembuhkan sariawan.

3. Mengatasi Hipertensi dan Anemia
Bagi Anda yang mengidap penyakit hipertensi, disarankan untuk mengomsumsi buah semangka sesering mungkin, mengapa demikian? karena kandungan air dan kaliumnya yang tinggi dapat menetralkan tekanan darah.

4. Melancarkan Air Kencing
Semangka dapat menstimulasi produksi air kencing menjadi lebih banyak karena kandungan airnya yang cukup banyak.

5. Sebagai Antioksidan
Buah semangka dapat membantu sel-sel tubuh tetap sehat, karena memiliki unsur antioksidan, seperti betakaroten dan vitamin C.

6. Viag*a Alami
Senyawa sitrulin yang ada dalam semangka mengandung efek afrosidiak yang sama hebatnya dengan viag*a. tapi, yang berbeda buah semangka ini tidak menyebabkan efek samping.

7. Menyehatkan Jantung & Membersihkan Ginjal
Mengomsumsi semangka dapat menyehatkan jantung dan ginjal. Semangka dapat meningkatkan jumlah urin yang keluar dari tubuh, sehingga mampu membersihkan ginjal.

8. Meningkatkan Kualitas Sper*a
Berdasarkan penelitian yang pernah dilakukan di India, 30 Pria yang mengalami gangguan impo**nsi berusia 23-45 tahun yang diberi 20 mg likopen 2 kali sehari selama 3 bulan, mengalami peningkatan jumlahd an pergerakan sper*a, serta perbaikan strukturnya. dari 30 pria itu, 6 diantaranya istrinya berhasil hamil. likopen termasuk salah satu zat yang terkandung dalam buah semangka.

Cara Membuat Ramuan

Mengobati Kecacingan
5 gram biji semangka yang sudah kering, jangan lupa cuci terlebih dahulu lalu ditumbuk halus. Seduh dengan ½ gelas air panas. Diminum sekaligus selagi masih hangat.

Penurun Panas Anak-anak
Daging buah semangka dicuci bersih, lalu diperas sampai diperoleh air sebanyak ½ gelas. Sari buah diminum untuk menurunkan demam 2 kali sehari, masing-masing ½ gelas.