Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Tanaman Obat Anti Hipertensi

8 Tanaman Obat Anti Hipertensi - Kalau kita bicara tentang Penyakit tekanan darah tinggi, tentu erat kaitannya dengan masalah kesehatan pembuluh darah, karena penyakit hipertensi disebabkan oleh adanya masalah-masalah dalam sistem pembuluh darah seperti : adanya pengerasan dan penyumbatan arteri yang akan mengakibatkan penyempitan pembuluh darah, hal ini akan berdampak pada jantung yang harus bekerja ekstra keras agar darah yang dipompakan sampai dipembuluh darah.

Kalau kita bicara tentang Penyakit tekanan darah tinggi, tentu erat kaitannya dengan masalah kesehatan pembuluh darah, karena penyakit hipertensi disebabkan oleh adanya masalah-masalah dalam sistem pembuluh darah seperti : adanya pengerasan dan penyumbatan arteri yang akan mengakibatkan penyempitan pembuluh darah, hal ini akan berdampak pada jantung yang harus bekerja ekstra keras agar darah yang dipompakan sampai dipembuluh darah.

Bagi penderita hipertensi yang penanganannya memerlukan obat-obat untuk menurunkan tekanan darah agar kembali normal atau terkontrol.Asupan obat kimia antihipertensi yang terus- menerus juga kurang baik bagi kesehatan karena mungkin ada efek samping pada penggunaan obat dalam jangka waktu yang lama.
Oleh karena itu sangat disarankan untuk mencoba obat-obat alternatif non-kimia yang banyak ditemukan dari alam.

Beberapa obat alami yang kandungannya dapat mengurangi bahkan menyembuhkan Penyakit Hipertensi, jika dikomsumsi dengan benar dan teratur, diantaranya :

1.Daun Salam (Syzigium polyanthum)
Khasiat : menurunkan koesterol dan tekanan darah tinggi, menurunkan kadar gula
darah tinggi.

Cara Penggunaan :
1.Ambil Daun salam segar sebanyak kurang lebih 10 lembar.
2.Daun salam dicuci, lalu direbus dengan 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas.
Setelah dingin, air disaring lalu diminum sekaligus pada malam hari.Lakukan rutin setiap hari untuk mendapatkan hasil yang memuaskan.

2. Rumput Laut (Laminaria japonica)
Khasiat : menormalkan tekanan darah, menurunkan kolesterol tinggi, mencegah aterosklerosis.

Rumput laut yang paling populer adalah wakame, yang sering digunakan dalam sup miso. Ada juga kombu dan nori, yang mudah ditemukan di supermarket. Anda dapat mengolahnya menjadi makanan lezat dalam menu harian untuk menjaga jantung tetap sehat dan menurunkan serta menormalkan tekanan darah. 
3. Ketimun
Khasiat: Kadar mineral potassium yang tinggi berguna untuk mengurangi tekanan darah yang tinggi, serta berguna juga untuk mengurangi batu ginjal. cara penggunaan bisa di komsumsi langsung ( sebagai lalapan ), atau di buat jus, boleh juga di tambah dengan buah-buahan lain, asal saja komposisi ketimun lebih banyak dari buah lainnya.

4. Blewah
Khasiat: Sama dengan ketimun yang kaya akan kandungan potassium, baik untuk mengurangi tekanan darah tinggi dan juga baik untuk masalah ginjal/kandung kemih
Beberapa buah/tumbuhan yang mempunya kandungan sama dengan ketimun/blewah: peach atau persik, strawberi, raspberi, daun turnip dan wheat grass.
 
5. Mengkudu (Morinda citrifolia L.)
Khasiat : menurunkan kolesterol tinggi, menurunkan tekanan darah tinggi, menurunkan kadar gula darah

Pilihlah buah mengkudu yang sudah matang dan ambil airnyadengan cara di blender. Kemudian air mengkudu di campur dengan madu dan minum setiap pagi sebelum sarapan.

6. Temu Hitam (Curcuma aeruginosa Roxb.)
Efek : melancarkan sirkulasi dan mencairkan gumpalan darah, menetralkan racun
dalam tubuh.

Bahan :
- 30 gr daun dewa
- 25 gr temu hitam
- 2 kuntum bunga soka/siantan
- 2 kuntum bunga mawar

Cara Meracik Ramuan :
Rebus dengan 600 cc air hingga tersisa 200 cc, saring dan airnya diminum. lakukan 2 kali sehari sampai di dapatkan hasil yang memuaskan.
7. Bawang Putih
Khasiat: menurunkan tekanan darah tinggi dan kolesterol tinggi, menghancurkan penggumplan darah

Cara Penggunaan :
Ambillah 3 siung bawang putih yang masih segar, kemudian kupas dan cuci hingga bersih, tumbuk sampai halus lantas diperas dengan ditambah air secukupnya, lantas airnya diminum. cukup dikerjakan 3 kali 1 hari
8. Bawang Bombay
Khasiat: Mempunyai khasiat yang sama dengan bawang putih. caranya gampang, ambil satu siung bawang bombay, bersihkan dan dikupas kulitnya, kemudian iris-iris dan dimakan bersama dengan nasi. lakukan kebiasaan ini secara rutin 2 kali sehari.


Gaya hidup modern dewasa ini banyak mempengaruhi gaya hidup keseharian masyarakat Indonesia. Salah satunya adalah konsumsi makanan cepat saji atau junk food. Nah hal tersebutlah yang kemudian memicu berbagai penyakit dan penumpukan kolesterol jahat di dalam tubuh, dan menyebabkan penyakit jantung dan hipertensi, dengan mengkomsumsi tanaman obat alami akan membantu mengontrol tekanan darah Anda.