Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Buah Bidara dan Khasiatnya

Mengenal Buah Bidara dan Khasiatnya - Buah bidara atau dalam kitab pengobatan tiongkok di kenal dengan nama Da Zao, karena dimanfaatkan adalah buahnya.Bidara merupakan tanaman yang berbentuk pohon dengan buah kecil-kecil, dan tanaman ini dapat hidup dan tumbuh di daerah kering. Buah bidara di duga berasal dari wilaya Asia Tengah, di Indonesia tanaman ini bisa ditemukan di pulau Jawa, dan di Indonesia tanaman ini memiliki banyak sebutan seperti Bukol (madura), Widara ( Jawa ) dan lain-lain.

Mengenal Buah Bidara dan Khasiatnya

Secara ringkas ciri dari tanaman bidara, daunnya berbentuk bulat kecil, tangkainya berduri serta buahnya sangat pekat berwarna hijau seperti buah pada umumnya ketika masih muda, setelah matang rasanya akan berubah menjadi kecut, dagingnya lembek dan memiliki biji yang keras. Sedangkan daun bidara umumnya sering digunakan orang tua kita dulu sebagai obat untuk mendinginkan kepala bayi yang mengalami demam dengan cara dihaluskan dan di campur dengan sedikit kunyit.

Buah bidara cultivar unggul di perjualbelikan sebagai buah segar untuk di komsumsi langsung atau di jadikan berupa minuman segar. Di beberapa tempat, buah ini juga di keringkan dan dijadikan manisan.

Rasa dari herbal ini manis dan bersuhu hangat. Kandungan kimia yang terdapat di dalamnya adalah Vitamin A, Vitamin B2, dan Vitamin C. Bekerja pada tubuh bagian limpa, jantung dan perut. Buah Bidara berkhasiat mengobati sesak napas, mudah kelelahan, gugup, depresi, mudah marah. Bagian yang digunakan yakni buah yang sebelumnya telah dikeringkan. Dosis 1-15 gram, standar 3 gram. Dimasak selama 20 menit.