Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kenali Unsur-Unsur dalam Buah Anggur dan Khasiatnya

Anggur adalah buah yang paling ringan kandungan gulanya sehingga mudah di cerna serta diserap oleh tubuh kita. Anggur kaya akan unsur-unsur gula yang mencapai 15%, dimana 7% diantaranya dalam bentuk glukosa. Anggur juga mengandung unsur protein sebesar 1,2% dan lemak (minyak) sebanyak 1,5%.

Kandungan Gizi Buah Anggur

Anggur kaya akan zat gula yang sangat dibutuhkan oleh tubuh dan sangat diperlukan sekali bagi mereka yang sedang berpuasa. Gula adalah unsur pokok untuk proses pembakaran dan produksi energi yang dibutuhkan untuk beraktivitas.

Anggur juga kaya akan vitamin C yang dapat meningkatkan fungsi imunitas tubuh dan dapat meminimalisir serangan penyakit dan mikroba.


Anggur dalam Tinjauan Kedokteran

  • Anggur memiliki pengaruh melembutkan usus. Oleh karena itu, buah ini sering dikomsumsi oleh mereka yang kesulitan buang air besar ( sembelit )
  • Anggur juga dapat melancarkan kencing, meringankan kandungan asam urik dalam darah. Asam urik adalah zat yang cukup berbahaya  bagi kesehatan, karena dapat melakukan penetrasi dalam persendian yang dapat menimbulkan rasa sakit yang luar biasa seperti encok, dan sebagainya.
  • Karena glukosa yang dikandungnya, anggur ini dapat membantu memelihara  keselamatan hati ( lever ), mengaktifkan tugas-tugasnya, dan dapat menambah sekresinya dalam memproduksi getah air empedu.
  • Jus ( perasan ) anggur memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap pembersihan dahak dan meredakan batuk.