Ini Dia Khasiat Pepaya, Benar-benar Mencengangkan

Ini Dia Khasiat Pepaya, Benar-benar Mencengangkan
Gambar Buah Pepaya Masak
Buah pepaya tergolong buah yang mudah di peroleh, disamping itu harganyapun relatif murah dan terjangkau. Buah ini umumnya sangat mudah kita jumpai. Yang paling sering kita dengar, pepaya sangat baik untuk pencernaan dan mengandung banyak vitamin, serta sering dijadikan buah untuk diet yang dikenal dengan "Diet Pepaya". Bahkan, Christopher Columbus memberi sebutan buah ini sebagai “the fruit of the angels”, buah para malaikat.

Beberapa literatur juga menyebutkan , buah pepaya bisa bertahan hidup hingga usia 25 tahun atau lebih. Namun, produksi buah tertingginya pada usia 2-3 tahun. Selama setahun, 1 pohon pepaya bisa menghasilkan 100-150 buah, luar biasa bukan?. sedangkan pada usia 5 tahun, produktivitasnya sudah jauh menurun dan pohonnya juga mudah mati karena berbagai faktor. Karena itu, petani umumnya membongkar tanaman pepaya setelah berusia 4 tahun.

Kandungan Buah Pepaya

Setiap 100 gr pepaya rata-rata mengandung 86,6 gr air, 0,5 gr protein, 0,3 gr lemak, 12,1 gr karbohidrat, 0,7 gr serat, 0,5 gr abu, 34 mg kalsium, 11 mg fosfor, 1 mg besi, 3 mg kalium, 450 mg vitamin A, 74 mg vitamin C, 0,003 mg tiamin, 0,5 mg niacin, dan 0,004 mg riboflavin. Nilai energinya 200 kj/100 gr serta kandungan gula utamanya adalah sukrosa (48,3 persen), glukosa (29,8 persen), dan fruktosa (21,9 persen).

Khasiat

Buah pepaya memiliki banyak khasiat dan manfaat bagi kesehatan, berikut 12 khasiat buah pepaya yang perlu diketahui:

Mengatasi Sembelit
Buah pepaya memiliki kadar serat yang tinggi. Itulah sebabnya saat mengalami sulit buang air besar (sembelit), pepaya adalah buah yang tepat untuk dikomsumsi, agar BAB menjadi lancar kembali.

Mengatasi Gangguan Jantung
Karpain, semacam alkaloid yang terkandung di dalam buah pepaya dapat digunakan untuk mengurangi gangguan jantung, obat antiamuba, dan obat peluruh kencing (diuretik).

Menekan Penyebab Penyakit Tifus
Senyawa karpain seperti yang dijelaskan sebelumnya yang terkandung dalam seluruh tanaman pepaya juga sangat efektif dan ampuh menghambat kinerja beberapa mikroorganisme yang mengganggu fungsi pencernaan, sehingga efektif menakan penyebab penyakit tifus abdominalis.

Untuk Kosmetik
Lebihd ari 50 asam amino yang terdapat di dalam getah pepaya bisa digunakans ebagai bahan baku industri kosmetik untuk menghaluskan kulit, menguatkan jaringan kulit agar lebih kenyal, dan menjaga gigi dari tumpukan plak. Beberapa asam amino itu antara lain asam aspartat, treonin, serin, asam glutamat, prolin, glisin, alanin, valin, isoleusin, leusin, tirosin, fenilananin, histidin, lisin, arginin, triptofan, dan sistein.

Melunakkan Daging
Selama ini getah pepaya yang terdapat pada daun memang banyak dimanfaatkan untuk pengempukan daging mentah dengan cara membungkus daging mentah dengan daun selama beberapa jam dalam kamar. Selain itu, daun pepaya dapat langsung digosok-gosokkan pada permukaan daging. Penggosokan tersebut dimaksudkan untuk mengelurakan getah (lateks) yang terdapat pada daun sehingga bisa masuk ke dalam daging.

Penggunaan getah pepaya bisa dilakukan dengan cara menyuntikkan langsung pada hewan ternak setengah jam sebelum di potong agar dagingnya menjadi lunak. Enzim papain akan menghidrolisis kolagen dalam daging sehingga bentuknya menjadi kendur dan daging akan lebih empuk. Enzim apapin inilah yang merobak protein (kolagen) menjadi beberapa bagian.

Mengatasi Penyakit Lambung Akibat Stres
Memaksimalkan Kerja Empedu
Memperbaiki Metabolisme
Membasmi Cacing Perut dan Batu Ginjal
Mengontrol Kadar Lemak Darah


Melancarkan ASI
Pepaya muda berkhasiat untuk melancarkan ASI dan keluarnya urin. Namun, wanita hamil tidak disarankan memakannya agar tidak keguguran.

Resep Ramuan

Biji

Mengunyah 1 sendok teh biji pepaya mentah dalam kondisi perut kosong setiap hari, dapat mencegah dan membasmi cacing serta parasit lain di dalam perut. Biji pepaya ini dapat dipergunakan dalam keadaan basah maupun kering. Jika rasanya terlalu kuat, bisa dicampur dengan kurma atau madu. Atau bisa di blender dan dicampur dengan sedikit air, baru kemudian diminum. Sebagai program antiparasit, makanlah biji pepaya setiap hari selama seminggu, selanjutnya diulang 2 minggu kemudian. Cara lainnya, ambil biji pepaya kering berupa serbuk 10 gr. Serbuk ini dididihkan bersama air 150 ml, sampai diperoleh larutan 75 ml setelah disaring. Hasil ini bisa diminum sekaligus 2 jam sebelum makan malam.

Akar

Untuk obat cacing, gunakan akar pepaya yang telah dikeringkan sebelumnya sebanyak 10 gr, bawang putih 1 gr, dan air 100 ml. Bahan dipotong-potong, kemudian didihkan dengan air selama 15 menit, baru disaring. Bila perlu, tambahkan air matang sehingga diperoleh hasil saringan 75 ml. Sebagai minuman penyegar, ambil 2 potong akar dan 1 lembar daun pepaya. Kedua bahan tersbut ditumbuk halus, kemudian direbus dengan menggunakan 1 liter air sampai mendidih, allau disaring. Bila perlu, campurkan madu, jahe agar rasanya lebih segar. Untuk mencegah risiko batu ginjal, ambil 3 potong akar pepaya, kemudian rebus dengan 1 liter air sampai mendidih, kemudian saring. Setelah dingin, campur dengan sedikit madu, alalu diminum.

Getah

Untuk obat luka bakar maupun gatal-gatal di kulit (sebagai obat luar). Oleskan getah dari buah pepaya yang masih muda. Agar tidak terjadi infeksi, bersihkan dulu kulit sebelum diolesi. Sebagai pelunak daging daun pepaya dapat dogosol-gosokkan pada permukaan daging. Penggosokan daun pada daging tersebut dimaksudkan untuk mengeluarkan getah (lateks) yang terdapat pada daun sehingga masuk kedalam daging.

Daun

Sebagai pengontrol darah, ambil 5 lembar daun pepaya, rebus dengan ½ liter air hingga tersisa ¾ bagian. Dinginkan sebelum diminum. Jika perlu, tambahkan gula merah atau madu agar terasa lebih manis sebelum diminum layaknya teh. Untuk obat demam berdarah, campur 5 lembar daun pepaya, temulawak, meniran secukupnya, dan gula merah. Rebus hingga masak untuk kemudian di dinginkan sebelum siap diminum. Untuk obat nyeri perut saat haid, ambil 1 lembar daun pepaya, buah asam, dan garam secukupnya. Rebus hingga masak, lalu minum dalam gelas setelah dingin.

Jika Anda menggunakan ramuan dari herba pepaya diatas dengan teratur dan berkelanjutan, Anda akan menyadari bahwa ternyata pepaya benar-benar memiliki khasiat yang luar biasa dan mencengangkan.