Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Herbal Sembuhkan Infeksi Saluran Kencing

Cara Herbal Sembuhkan Infeksi Saluran Kencing - Infeksi saluran kencing (ISK) merupakan salah satu jenis infeksi yang terjadi pada sistem perkemihan (salura kencing). ISK menjadi jenis penyakit yang sering terjadi terutama bisa terjadi pada saluran ginjal (ureter), kandung kemih, atau saluran kencing bagian luar (uretra).

Infeksi saluran kencing (ISK) merupakan salah satu jenis infeksi yang terjadi pada sistem perkemihan (salura kencing)

Beberapa gejala kerapkali dikeluhkan oleh penderita ISK diantaranya, sakit pada saat atau setelah kencing, warna air seni keruh/pekat seperti teh kadang kemerahan bila ada darah, nyeri pada pinggang, demam dan menggigil yang menandakan infeksi telah mencapai ginjal, sering merasa ingin kencing tetapi tidak ada atau sedikit air seni yang keluar dan biasanya disebut anyang-anyangan.

Tanaman obat herbal yang cocok untuk mengatasi ISK adalah akar alang-alang. selain itu, juga dapat dikombinasikan dengan herbal lain seperti kumis kucing dan meniran. Akar lang-alang ini memiliki kandungan glukosa, malic acid, dan citric acid. selain itu, pada akar alang-alang juga terdapat kandungan kimia coixol, arundoin, cylindrin, fermenol, simiarenol serta kandungan anemonin. bagian tanaman alang-alang yang sering dipergunakan untuk pengobatan adalah bagian akar (rimpang), bagian daun serta bagian bunganya.

Berikut ini adalah takaran bahan-bahan dan cara meracik ramuan untuk mengobati infeksi saluran kemih (ISK).

Bahan :
  • 25 gr akar alang-alang.
  • 25 gr herbal meniran.
  • 25 gr herbal daun kumis kucing.

Cara Meracik Ramuan :
  1. Cuci hingga bersih semua bahan yang telah tersedia ( akar alang-alang, meniran dan kumis kucing ).
  2. potong-potong seluruh bahan.
  3. Rebus seluruh bahan dengan menggunakan 600 cc air hingga nantinya tersisa 300 cc ( separuhnya ), dinginkan, kemudian di saring.
  4. Sajikan ramuan ini dalam 3 gelas untuk 3 kali minum.
  5. Minumlah ramuan ini secara rutin 3 kali sehari.