Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Tanaman Obat Terbaik Untuk Penyakit Hepatitis

Hepatitis merupakan penyakit infeksi serius yang menyerang hati (hepar). Menurut perkiraan di Indonesia angka pengidap penyakit hepatitis B dan C mencapai 20 juta, wow ! angka yang cukup fantastis. Sulitnya, sebagian besar hepatitis tidak menunjukkan gejala, ini bisa berlangsung 20-30 tahun perjalanan penyakit, bisa dibayangkan jika selama itu infeksi terus menggerogoti hati seseorang, tentu sangat mungkin menyebabkan sirosis bahkan kanker hati.
5 Tanaman Obat Terbaik Untuk Penyakit Hepatitis - Hepatitis merupakan penyakit infeksi serius yang menyerang hati (hepar). Menurut perkiraan di Indonesia angka pengidap penyakit hepatitis B dan C mencapai 20 juta, wow ! angka yang cukup fantastis. Sulitnya, sebagian besar hepatitis tidak menunjukkan gejala, ini bisa berlangsung 20-30 tahun perjalanan penyakit, bisa dibayangkan jika selama itu infeksi terus menggerogoti hati seseorang, tentu sangat mungkin menyebabkan sirosis bahkan kanker hati.

Hingga saat ini, belum ada obat herbal yang 100 % teruji klinis bisa menyembuhkan penyakit hepatitis, namun 5 jenis tanaman obat berikut ini menurut beberapa hasil penelitian cukup mumpuni untuk membantu mengatasi penyakit hepatitis.

1.Teh hijau (Camellia sinensis)

Flavonoid dalam catechin berdosis tinggi yang terdapat pada teh hijau memiliki sifat anti oksidan yang memiliki kemampuan untuk stabilisasi membran sel, sehingga sangat baik untuk melindungi dan menstabilkan sel-sel  hati pada penderita penyait hepatitis.

2.Ginseng (Panax quinquefolius/Panax ginseng)

Gingseng sudah lama dikenal sebagai obat yang ampuh untuk meningkatkan sistem imunitas secara menyeluruh. Perlu diketahui bahwa, ada dua jenis ginseng yaitu ginseng Amerika (Panax quinquefolius) dan ginseng Asia (Panax ginseng) yang berasal dari Cina, Jepang, dan Korea. Baca juga: Khasiat tanaman gingseng putri

Pada pengujian yang dilakukan pada hewan dan manusia menunjukkan ginseng dapat membantu sistem imunitas tubuh. Pengujian pada hewan juga menunjukkan ginseng dapat membantu memperbaiki cara kerja hati dan mengurangi kerusakan jaringan hati yang disebabkan oleh hepatitis. Namun, penelitian mengenai manfaat ginseng untuk hepatitis masih terbatas.

3. Lada Hitam (Piper nigrum)

Lada hitam memiliki kandungan senyawa aktif yakni piperin. Dalam penelitian pada tikus, piperin terlihat dapat mengurangi efek merusak racun pada hati. Hal ini terutama karena sifat antioksidan pada piperin. Belum ada studi yang membandingkan perbedaan penyakit hati pada orang yang mengonsumsi lada dengan mereka yang tidak.

4. Kunyit (Curcuma domestica)

Selama ribuan tahun, kunyit telah digunakan oleh praktisi pengobatan Ayurweda sebagai obat untuk penyakit hati. Komponen aktif kunyit adalah kurkumin yang berkhasiat antioksidan. Dalam penelitian pada hewan percobaan, kunyit terlihat menghambat kerusakan hati dari aflatoksin dan racun hati lainnya. Karena kunyit adalah bumbu utama pada kari India, mungkin itulah sebabnya penduduk India memiliki insiden penyakit hati terendah di dunia.

5.Jahe (Zingiber officinale)

Selama 2.500 tahun, orang Cina telah menggunakan jahe untuk mengobati mual. Beberapa penelitian telah mengkonfirmasi manfaat jahe untuk mengurangi mual. Tanaman ini dapat meredakan mual dan muntah yang disebabkan oleh terapi obat pada pasien hepatitis. Selain murah dan banyak tersedia, jahe diketahui aman dan tidak menyebabkan efek samping yang seriusDemikian 5 Tanaman Obat yang bisa menjadi referensi untuk membantu mengobati penyakit hepatitis. Salam herbal.

Referensi : BerandaSehat.Com