Khasiat Alami Kunyit

Tanaman Khasiat Obat - Kunyit ( Olon Maanyan ) merupakan jenis tanaman berkhasiat herbal yang menyerupai semak dengan batang berwarna hijau atau agak kekuningan, rimpang atau umbi terbentuk dengan sempurna, bercabang-cabang berwarna jingga.Setiap tanaman berdaun 3 - 8 helai, helaian daun berbentuk lanset lebar.Bunga terletak pada ujung tangkai, berwarna putih atau merah jambu.pemupukan, dan perbaikan drainase.

Tanaman ini tumbuh dengan subur pada tanah dengan drainase yang baik.Di tempat yang terbuka akan menghasilkan rimpang yang besar.

Budidaya

Tanaman diperbanyak dengan turus rimpang ukuran 20-25 gram tiap turus dengan jarak tanam 60 x 60 cm.Diperlukan 500-650 kg rimpang tiap hektar untuk bibit.Bibit harus rimpang yang cukup umur ( tua ).Waktu tanam awal musim hujan.

Pengolahan, tanah diolah, dibuat bedengan atau guludan.Pada bedengan dibuat lubang kecil untuk tempat meletakkan bibit.Jarak lubang tanam satu dengan yang lain 40-60 cm.Bibit ditanam sedalam 7,5-10 cm dan ditimbun tanah.Pemeliharaan meliputi penyulaman, penyiangan.Pemupukan dengan 112 kg kalium/ha pada umur 4 bulan.
Panen dapat dilakukan setelah berumur 1 tahun atau lebih setelah tanam.Pembongkaran dengan memakai garpu.

Khasiat dan Manfaat
  • Kunyit mempunyai manfaat yang kompleks, disamping kunyit sangat akrab bagi ibu-ibu untuk digunakan sebagai bumbu dapur, ternyata kunyit juga mempunyai beragam khasiat untuk mengobati dan menyembuhkan berbagai penyakit, diantaranya :
  • Menghancurkan dan menghilangkan racun - racun yang ada di dalam tubuh ( detoksifikasi )
  • Mencegah Leukemia
  • Dapat membantu dalam penurunan berat badan bagi Anda yang sedang megikuti program diet
  • Adanya zat antioksidan yang terdapat dalam kulit memberikan kontribusi positif dalam pertumbuhan dan peremajaan sel-sel dalam tubuh yang akan membuat Anda awet muda.
  • Mengkomsumsi kunyit juga dapat mencegah dan menghindari terjadinya kanker, karena menurut beberapa penelitian tanaman ini mengandung zat anti kanker.
  • Sebagai antiseptik alami yang dapat mencegah dan mempercepat penyembuhan luka infeksi.
Perhatian
  • Karenan tanaman ini mempunyai kadar asam yang cukup tinggi, maka pada penderita penyakit maag tidak dianjurkan untuk mengkomsumsi  kunyit, kecuali ada petunjuk lebih lanjut dari dokter.
  • Kunyit juga memilki efek kemoterapi, jadi bagi Anda yang sedang menjalani kemoterapi tidak dianjurkan untuk mengkomsumsi kunyit.
Ternyata kunyit memiliki manfaat yang cukup beragam, tetapi juga perlu diperhatikan efek negatif terhadap kesehatan tubuh yang mungkin timbul akibat mengkomsumsi kunyit yang berlebihan.