9 Khasiat Akar dan Daun Beringin Yang Perlu Anda Tahu

Beringin ( Ficus benyamina L. ) merupakan jenis pohon besar yang rindang yang banyak di temukan di tepi jalan, pinggiran kota atau tumbuh di tepi-tepi jurang, pohonnya sangat besar dan rimbun, ketinggiannya 20 hingga 25 meter berakar tunggang. Batang bulat, tegak kokoh, permukaan kasar berwarna cokelat kehitaman. Percabangannya berbentuk simpodial dan di bagian patang keluar akar gantung ( akar udara ). Daun tunggal bertangkai pendek dengan letak silang berhadapan, bentuknya lonjong. Sedangkan bunganya tunggal yang keluar dari ketiak daun, kelopak berbentuk corong, mahkota bulat, kuning kehijauan, halus. Buah buni, panjang 0,5-1 cm, bulat, saat masih muda berwarna hijau, setalah tua merah, biji bulat, keras, putih.

9 Khasiat Akar dan Daun Beringin Yang Baru di Temukan

Sifat dan Khasiat Akar dan Daun Beringin

Sensasi sedikit pahit, sejuk, astringen, berguna sebagai pereda demam ( antipiretika ), anti radang, antibiotika, peluruh keringat ( diaforetik ), dan sebagai peluruh kencing ( diuretika ). Akar udara pohon beringin memiliki kandungan senyawa asam amino, gula, fenol dan asam oranye. Bagian yang biasa digunakan sebagai obat adalah akar, daun yang di cuci dan dikeringkan sebelum digunakan.

Khasiat & Indikasi

  • Akar udara sangat bermanfaat untuk menyembuhkan dan mengatasi :
  • Radang amandel ( tonsillitis )
  • Pilek, demam tinggi
  • Luka terpukul ( memar )
  • Nyeri pada penyakit rematik sendi.

Sedangkan, daun beringin bermanfaat untuk mengobati
  • Influenza
  • Malaria
  • Radang saluran nafas ( bronchitis ), batuk rejan ( pertussis ).
  • Radang usus akut ( akut enteritis ), disentri.
  • Kejang panas pada anak.

Cara pemakaian :

Gunakan akar udara beringin yang sudah kering sebanyak 15 – 30 gram atau daun beringin kering sebanyak 50 -120 gram di rebus, alalu diminum. Untuk pemakaian luar daun beringin di rebus dan ketika air rebusan amsih hangat digunakan untuk mandi.

Beberapa Contoh Pemakaian

Radang Usus Akut dan Disentri
Gunakan daun beringin yang masih segar lebih kurang 500 gram, jangan lupa cuci bershi sebelum di rebus dengan 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Setelah dingin jangan lupa disaring, dan di bagi untuk 2 kali pemberian pagi dan sore hari masing-masing ½ gelas.

Kejang Panas Pada Anak
Ambil dan gunakan 100 gram daun beringin yang masih fresh, cuci dan direbus dengan 5 liter air selama lebih kurang 25 menit. Air rebusan yang masih hangat digunakan untuk memandikan anak yang sedang sakit.

Bronchitis Kronis
Ambil 75 gram daun beringin segar dan tambahkan 18 gram kulit jeruk mandarin, dicuci hingga bersih kemudian di rebus dengan 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin saring dan di bagi untuk 3 kali pemberian yaitu pagi, siang dan malam hari. Lakukan cara ini selama 10 hari berturut-turut untuk hasil yang optimal.

Radang Amandel
Ambil akar udara dari pohon beringin sebanyak 180 gram. Cuci dan potong-potong seperlunya. Rebus dengan menggunakan 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Jangan lupa tambahkan 1 gelas cuka. Setelah dingin digunakan untuk kumur-kumur ( gargle ). Lakukan cara ini beberapa kali sehari.