Khasiat dan Manfaat Tanaman Alismatis

Alismatis mungkin kurang familiar dengan Anda. Alismati merupakan jenis tanaman berbungan abadi, yang tersebar ke sebagian besar belahan bumi utara, di Eropa, Asia Utara, dan Amerika Utara. Tanaman ini banyak di temukan di lumpur atau di perairan tawar.


Rasa dari herbal ini tajam manis dan bersuhu dingin. Kandungan kimia di dalamnya, yaitu alisol A 24-asetat dan alisol B 23-asetat.


Bekerja pada bagian tubuh bagian ginjal, dan kandung kemih. Berkhasiat untuk mengobati: meningkatkan buang air kecil pada urine minim, edema, diare, obstruksi karena dahak, stagnasi cairan, terutama di burner tangah dan rendah, edema kaki, pusing, tinnitus, nightsweats, cystitis, infeksi saluran kemih selama menopause, mengurangi pembengkakan pada ascites, edema.

Bagian yang digunakan, rimpang yang telah dikeringkan. Dosis 3-15 gram, standar 4 gram. Dimasak selama 20 menit.

Efek farmakologi sebagai diuretik, gunakan dengan hati-hati bila dikombinasikan dengan obat diuretik lain, mengeluarkan keringat, menurunkan kolesterol dan kadar glukosa. Sedikit beracun, mengandung bahan-bahan yang dapat menyebabkan iritasi gastrointestinal atau gastroenteritis jika digunakan dalam jangka waktu yang lama. Kontraindikasi defisiensi Yang ginjal, gejala dahak dingin. Penggunaan selama kehamilan diperbolehkan.