Khasiat Bunga Krokot Sebagai Anti Pembengkakan

Bengkak merupakan pengumpulan cairan di jaringan bawah kulit atau organ tubuh. Bengkak dapat terlihat di tungkai, tangan, muka, perut, dan paru. Bengkak di kulit, tangan, tungkai, muka, punggung, pinggang, atau dibawah kulit lainnya disebut edema. Sedangkan bengkak perut disebut asites dan bengkak di jaringan paru disebut sebagai edema paru.

Khasiat Bunga Krokot Sebagai Anti Pembengkakan

Kenali Khasiat Bunga Krokot Sebagai Anti Pembengkakan

Bengkak dapat disebabkan oleh banyak hal antara lain yaitu pelebaran pembuluh darah vena di kaki yang kita kenal sebagai varises. Mereka yang memiliki varises, terlihat banyak tonjolan pembuluh darah seperti tali, mulai dari yang terlihat sebagai garis biru-merah hingga tonjolan pembuluh darah vena yang besar. Pada keadaan ini klep atau katup di dalam pembuluh vena yang berfungsi untuk membantu pemompaan darah dari kaki kea rah jantung tidak berfungsi baik, sehingga aliran darah terbendung dan terjdi pembengkakan. Pada saat bangun pagi terlihat tidak ada pembengkakan di kaki, akan tetapi pada saat siang hingga malam terlihat lagi pembengkakan terutama bila banyak duduk, berdiri, atau berjalan. Pada mereka yang seperti ini, dianjurkan kalau duduk sebaiknya menopangkan kakinya pada bangku atau tempat yang sejajar tingginya dengan tempat duduk.

Racikan Ramuan untuk Mengobati Bengkak

Tanaman herbal  yang dapat membantu menyembuhkan bengkak diantaranya adalah bunga krokot. Herbal tersebut sangat bagus digunakan untuk menyembuhkan pembengkakan seperti pada gusi. Bunga krokot memiliki senyawa kimia KCI, KSO4, KNO3, nicotinic acid, tannin, saponin, vitamin A, B, C, noradrenalin, dopamine, dopa, dan sebagainya. Dalam secangkir daun krokot yang sudah direbus mengandung 90 mg kalsium, 50 mg kalium, dan beberapa asam amino yang sangat berguna untuk kesehatan. Nah, ini dia racikan ramuan untuk mengobati bengkak

Bahan :
  • 200 gram bunga krokot.
  • 600 cc air bersih.

Cara Meracik Ramuan :
  1. Cuci bersih bahan
  2. Rebus bunga krokot dengan 600 cc air hingga tersisa 200 cc ( atau sepertiganya )
  3. Setelah dingin, angkat, lalu ambil sarinya.
  4. Sajikan ramuan ini dalam 1 gelas untuk sekali minum.
  5. Minum ramuan ini 3 kali sehari hingga Anda sembuh.