7 Tanaman Obat Untuk Penyakit Encok

Anda pasti tahu dengan penyakit encok, bukan? Istilah encok sering digunakan oleh masyarakat dan menjadi sebutan lain penyakit rematik, atau penyakit asam urat. Asam urat merupakan salah satu hasil metabolisme tubuh yang diatur oleh ginjal, pada konsisi normal asam urat akan diproses oleh ginjal dan dibuang melalui air seni, namun pada saat kadar asam urat tinggi dalam tubuh akan menyulitkan ginjal dalam proses pembuangannya, sehingga asam urat akan menumpuk pada jaringan atau sendi-sendi tubuh. Penyakit rematik umumnya menyerang pada sistem persendian, syaraf, serta otot tubuh kita.
7 Tanaman Obat Untuk Penyakit Encok - Anda pasti tahu dengan penyakit encok, bukan? Istilah encok sering digunakan oleh masyarakat dan menjadi sebutan lain penyakit rematik, atau penyakit asam urat. Asam urat merupakan salah satu hasil metabolisme tubuh yang diatur oleh ginjal, pada konsisi normal asam urat akan diproses oleh ginjal dan dibuang melalui air seni, namun pada saat kadar asam urat tinggi dalam tubuh akan menyulitkan ginjal dalam proses pembuangannya, sehingga asam urat akan menumpuk pada jaringan atau sendi-sendi tubuh. Penyakit rematik umumnya menyerang pada sistem persendian, syaraf, serta otot tubuh kita.

Gejala khas dari penyakit encok atau rematik adalah adanya tampak pembengkakan pada sendi-sendi tulang, nyeri sifatnya tidak menetap (berpindah-pindah). Penyebab pasti dari penyakit encok belum diketahui secara pasti, namun diduga karena beberapa kondisi seperti adanya faktor obesitas, atau pekerjaan yang banyak bertumpu pada bagian persendian tubuh. Sedangkan faktor obesitas erat kaitannya dengan beban tubuh yang terlalu berat, sehingga memicu terjadinya encok atau rematik. Lebih lanjut encok juga berkaitan dengan usia lanjut, namun tidak menutup kemungkinan di usia muda seseorang bisa juga menderita penyakit ini.

Asam urat ini berbentuk kristal asam oksalat, jika kristal ini menumpuk pada persendian akan menimbulkan keradangan sendi yang sering disebut asam urat, encok atau rematik. 7 cara herbal dapat Anda lakukan untuk membantu mengatasi penyakit encok diantaranya sebagai berikut:

Formula Herbal #1


  • Gunakan akar seledri yang kemudian diseduh dengan air panas, cara membuatnya sangat mudah, cukup sediakan  lebih kurang 1 sendok makan akar seledri, kemudian dimasukkan ke dalam gelas, dan tuangkan air panas ke dalam gelas tersebut, lalu gelas tersebut ditutup dan biarkan seduhan hingga menjadi dingin. Minum separuh gelas pada pada pagi hari dan selbihnya diminum pada sore hari.

Formula Herbal #2


Bahan
  • Akar kates gantung 2 genggam
  • Arak ½ liter
  • Garam 1 sendok makan
Cara Membuat
  1. Ambil kates gantung, lalu tambahkan arak dan garam. Jemur campuran bahan tersebut selama 2 minggu.
  2. Urut serta gosokkan ramuan ini pada bagian yang terserang encok atau rematik sebanyak yang diperlukan.

Formula Herbal #3


Bahan
  • Daun belimbing wuluh 1 genggam
  • Air kapur sirih seperlunya

Cara Membuat
  1. Tumbuk daun belimbing wuluh sampai halus. Tambahkan kapur sirih.
  2. Gosok dan urutkan ramuan pada bagian yang tersrang rematik sebanyak yang diperlukan.

Formula Herbal #4


Bahan
  • Bunga kecubung 3 kuntum
  • Air bersih secukupnya
Cara Membuat
  1. Bunga kecubung dicuci hingga bersih, lalu rebus sampai mendidih.
  2. Kompres ramuan ketika masih hangat pada bagian tubuh yang terkena rematik.

Formula Herbal #5


Bahan
  • Daun kecubung segar 5 lembar
  • Jahe 1 ibu jari
  • Kapur sirih secukupnya
  • Bawang merah (Allium cepa) 5 butir

Cara Membuat
  1. Cuci semua bahan kecuali kapur sirih, lalu tumbuk. KEmudian tambahkan kapur sirih, remas-remas sampai rata.
  2. Balurkan ramuan pada bagian yang terserang rematik, setelah itu balut menggunakan kain bersih.

Formula Herbal #6

Bahan
  • Daun kecubung segar 14 lembar
  • Minyak kelapa 10 sendok makan
Cara Membuat
Daun kecubung dicuci bersih, lalu rajang dan jemur sampai kering. Setelah kering tambahkan minyak kelapa, kemudian ramuan disimpan tiga hari. Setelah tiga hari, peras ramuan untuk diambil minyaknya. Sebelum digunakan, panaskan minyak terlebih dahulu sampai hangat.
Gosokkan ramuan herbal ini pada rematik.

Formula Herbal #7


Bahan
  • Batang dan cabang tampal besi (Phyllanthus reticulatus) 15 gr
  • Air bersih 3 gelas

Cara Membuat
  1. Cuci hingga bersih batang dan cabang tampal besi. Rebus sampai mendidih, biarkan sampai airnya tinggal 1 gelas. Angkat, dinginkan, saring.
  2. Minum ramuan 2 x 1 hari, sebanyak ½ gelas hingga rematik sembuh.

Semoga 7 resep atau formula herbal untuk membantu mengatasi atau meringankan gejala penyakit encok, rematik atau asam urat. Semoga bermanfaat ya. Salam herbal