Temu Lawak : Segudang Manfaat

Nama Latin : Curcuma Xanthorrhiza

Merupakan tanaman terna berbentuk semu, tinggi kurang lebih 2 m, berwarna hijau atau cokelat gelap.Akar rimpang bercabang-cabang kuat berwarna hijau gelap.Tanaman ini banyak tumbuh diseluruh pulau jawa, tumbuh liar dibawah naungan hutan jati, di tanah kering padang alang-alang, dan ditegalan.
Tumbuh pada ketinggian tempat 5-1.500 dpl.

Budidaya tanaman ini dengan menggunakan turus rimpang ( umbi ).Penanaman biasanya dilakukan pada musim hujan, namun air tidak boleh berlebihan agar pertumbuhannya tidak terganggu.

Khasiat :

Menambah Selera Makan

Manfaat dari minyak atsirinya yang bersifat karminativun, dapat menambah nafsu makan.Caranya : ambil 25 mg temulawak, 10 gram asam jawa, ditambah gula merah secukupnya, direbus dengan air 600 cc hingga nanti tersisa 300 cc, kemudian disaring dan siap untuk diminum.

Proteksi Hati

Temu lawak mengandung zat kolagoga yang mempunya peranan penting dalam membantu produksi empedu didalam hati dan juga membantu pengosongan kandung empedu.Temulawak mengurangi kerja enzim glutamate oksaloasetat transaminase ( GOT ) dan menurunkan kerja enzim glutamate piruvat transaminase ( GPT ) baik secara pra klinik baik in vitro dan in vivo ataupun secara klinik.hasil penelitian dan uji klinik menunjukkan bahwa dosis yang digunakan untuk menurunkan SGOPT dan SGPT adalah 15-30 mg kurkumin.


Mengurangi Radang sendi

Kandungan kurkumin mampu mengobati radang sendi setara dengan 100 mg fenilbutazon yang besrsifat sebagai obat anti inflamasi non steroid ( AINS ).

Memperbaiki fungsi Pencernaan

Serbuk dari rimpang temulawak dapat meningkatkan aktifitas cairan lambung sehingga berperan dalam membantu proses metabolisme dan mengurangi kontraksi usus halus.Caranya : ambil 2 gram rimpang kering atau 8 gram temulawak segar, panasi dengan air panas dengan suhu 90 derajat selama kurang lebih 15 menit, diminum dua hingga tiga kali sehari diantara waktu makan.

Mengobati Jerawat

Cuci rimpang temu lawak satu jari, lalu potong, lalu direbus dengan air 4 gelas,biarkan sampai mendidih sampai tersisa kira-kira 2 gelas, setelah dingin tambahkan madu secukupnya, kemudian diminum rutin 2 kali sehari, setiap minum cukup segelas.

Anti Oksidan dan membantu memelihara Kesehatan

Kurkumin pada temulawak berfungsi sebagai anti oksidan yang mampu menangkap radikal-radikal bebas oksigen seperti anion superoksid, dan radikal hidroksil sehingga membantu memelihara kesehatan agar tetap optimal.caranya : gunakan ekstrak temulawak kering, kemudian direbus diminum 3 kali sehari, lebih kurang 250-500 mg.

Banyak sekali manfaat temulawak yang berkhasiat mampu mengatasi berbagai masalah kesehatan jika digunakan sesuai dengan petunjuk dan tentu saja harus di gunakan secara teratur.Back To Natur