Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Khasiat dan Manfaat Jeruk Keprok

Khasiat dan Manfaat Jeruk Keprok - Jeruk Keprok merupakan tanaman asli Melayu tetapi sekarang penyebarannya sangat luas hampir bisa ditemui di semua daerah tropis dan subtropis di dunia. Semua jenis jeruk tidak menyukai tempat yang terlindung dari sinar matahari.

Jeruk Keprok merupakan tanaman asli Melayu tetapi sekarang penyebarannya sangat luas hampir bisa ditemui di semua daerah tropis dan subtropis di dunia. Semua jenis jeruk tidak menyukai tempat yang terlindung dari sinar matahari.

Rasa dari herbal ini tajam, pahit, dan bersuhu hangat. Senyawa kimia yang terdapat di dalamnya yaitu Tangeraxanthin, Tangeritin, Terpinen-4-ol, Terpineolene, Tetradecanal, Threonine, Thymol, Thyml-methyl-ether, Tryptophan, Tyrosine, Nobiletin, Cis-3-hexenol, Cis-carveol, Citric-acid, Citronellal, Citronellic-acid, Citronellyl-acetate, Cystine, Decanal, Decanoic-acid, dan Decanol.

Khasiat jeruk keprok bekerja pada target organ bagian perut dan limpa, diantaranya distensi pada epigastrium dan perut, rasa penuh pada perut, mual, selera makan menurun, mengencerkan dahak, beberapa gangguan psikis seperti halusinasi, berbicara kepada diri sendiri, skizofrenia, gangguan mental yang disertai dengan stagnasi Qi hati.

Bagian yang digunakan adalah kulit buah yang sudah dikeringkan terlebih dahulu. Dosis 3.10 gram, standar 3 gram. Dimasak Selama 20 menit.

Efek farmakologi : 
  • Meningkatkan peristaltik usus.
  • Melebarkan saluran pernapasan.
  • Mengobati Mastitis, bronkhitis kronis, cholelithiasis.
  • Sebagai obat topikal pada keadaan luka bakar.
Kontra Indikasi :
  • Kelebihan panas, keurangan Yin, batuk kering, berdahak panas, hematemisis dahak, berdarah. Penggunaan selama kehamilan di perbolehkan.