Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Daun Sirih dan Buah Jeruk Efektif Hilangkan Bau Badan

Bau badan biasanya mulai dirasakan seseorang ketika menginjak masa puber ( remaja ), sebagian orang beranggapan bahwa bau badan berawal dari keringat yang di keluarkan tubuh sebagai hasil pembakaran, tapi tunggu dulu - sebenarnya penyebab utama bau badan adalah bakteri.
Bau badan biasanya mulai dirasakan seseorang ketika menginjak masa puber ( remaja ), sebagian orang beranggapan bahwa bau badan berawal dari keringat yang di keluarkan tubuh sebagai hasil pembakaran, tapi tunggu dulu - sebenarnya penyebab utama bau badan adalah bakteri. Keringat pada badan berasal dari dua kelanjar yakni kelenjar apocrine ( apokrin ) dan kelenjar accrine ( ekrin ). Kelenjar ekrin adalah kelenjar yang terletak pada bagian punggung, tangan dan dahi yang berada dalam keadaan normal.

Namun, tahukah Anda kenapa daerah ini jarang berbau ? Daerah ini merupakan daerah tempat yang cukup kering sehingga sehingga tidak menimbulkan bau saat Anda berkeringat. Sedangkan, kelenjar apokrin merupakan kelenjar yang ada ditempat yang lembab dan tumbuhnya rambut seperti di ketiak dan bagian tubuh lainnya.

Masalah bau badan akan semakin menjadi-jadi ketika seseorang mengeluarkan keringat yag berlebihan di ketiak. Semakin banyak keringa yang dihasilkan, semakin banyak pula bakteri di daerah tersebut. Di samping itu, kebersihan pada aerah ketiak juga harus selalu diperhatikan dengan seksama. Sebab, apabila kita tidak menjaga kebersihan ketiak, maka dengan mudah bisa cepat terserang oleh kuman dan bakteri yang menyebabkan bau badan.

Tanaman Obat Tradisional yang efektif menghilangkan bau badan adalah jeruk dengan ditambah dengan daun sirih. Buah jeruk banyak mengandung phytochemical, hesperetin, dan narigeni. Disamping itu, juga mengandung flavonoid dan antitioksidan seperti alpha dan betakaroten, zea-xanthin, beta-cryptoxanthin, dan lutein.

Berikut ini resep racikan ramuan tradisional dari tanaman obat untuk membantu menghilangkan bau badan yang menyengat.

Bahan :


  • Daun sirih secukupnya.
  • 1 buah jeruk

Cara membuat ramuan :


  1. Cuci bersih jeruk yang telah disediakan, lalu peras dan ambil air hasil perasannya.
  2. Campur air perasan dengan daun sirih dengan air perasan jeruk.
  3. Gosokkan pada bagian ketiak setiap habis mandi dan sebelum tidur.
  4. Ramuan ini dibuat untuk satu kali penggunaan.
  5. Lakukan secara rutin 2 kali setiap hari yakni setiap habis mandi dan ketika Anda akan tidur