Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sejuta Khasiat dan Manfaat Temulawak

Sejuta Khasiat dan Manfaat Temulawak
Sejuta Khasiat dan Manfaat Temulawak - Temulawak ( Curcuma xantorrhiza ) merupakan jenis tanaman obat yang sangat di kenal khususnya di Indonesia, karena khasiat dan manfaatnya, tanaman ini sering dugunakan secara tradisional ( ramuan ), maupun dikemas dan diekstraksi secara moderen sehingga mudah Anda dapatkan di toko atau supermarket.

Temulawak ( Curcuma xantorrhiza ) merupakan jenis tanaman terna dengan batang semu dan tingginya dapat mencapai  hingga 2 meter. Daunnya lebar dan pada setiap helaian dihubungkan dengan pelepah dan tangkai daun yang agak panjang. Temulawak mempunyai bunga yang berbentuk unik ( bergerombol ) dan berwarna kuning tua. Rimpang temulawak sejak lama telah dikenal sebagai bahan ramuan obat. Aroma dan warna khas dari rimpang temulawak adalah berbau tajam dan daging buahnya berwarna kekuning-kuningan. Daerah tumbuhnya selain di dataran rendah juga dapat tumbuh baik sampai pada ketinggian tanah 1.500 meter di atas permukaan. Bagian yang umumnya digunakan sebagai bahan ramuan dan obat adalah rimpang temulawak.

Kandungan Kimia : Curcumin dan Minyak atsiri.

Khasiat :

Dapat digunakan untuk mengobati sakit limpa, sakit ginjal, sakit pinggang, asma, sakit kepala, masuk angin, maag, menambah selera makan, sembelit ( konstipasi ).

Cara Pemakaian :


  • Sakit Kepala dan Masuk Angin : Beberapa rimpang temulawak diiris tipis-tipis, dikeringkan dan ditumbuk halus menjadi tepung. Gunakan kurang lebih 2 genggam tepung temulawak direbus dengan 4 – 5 gelas air sampai mendidih hingga tinggal 3 gelas, kemudian disaring. Diminum dua kali sehari ½ gelas, pagi dan sore.
  • Maag : 1 rimpang temulawak diiris tipis-tipis dan diangin-anginkan sebentar, kemudian direbus dengan 5 – 7 gelas air hingga mendidih dan disaring. Diminum 1 kali sehari 1 gelas.
  • Sakit Perut dan Sakit Perut Saat Haid : 1 rimpang temulawak di parut, 3 buah mata asam, 1 potong gula kelapa dan garam secukupnya direbus dengan 3 – 4 gelas air sampai mendidih hingga tinggal 2 gelas. Diminum 2 kali sehari 1 cangkir, pagi dan sore.
  • Memperbanyak Produksi ASI : 1 ½ rimpang temulawak di parut, kemudian dicampur dengan tepung sagu secukupnya dan ditambah air panas secukupnya hingga menjadi bubur. Lalu dimakan biasa.
  • Memacu ASI yang Macet : 1 ½ rimpang temulaawak di parut, kemudian bersama dengan sepotong gula aren dan 2 -3 sendok makan adonan sagu direbus dengan air 1 liter sampai mendidih, lalu disaring. Diminum 2 kali sehari 1 cangkir secara teratur.
  • Menambah Selera Makan : 2 rimpang temulawak, ¼ rimpang lengkuas dan ½ genggam daun meniran direbus dengan 3 gelas air sampai mendidih hingga tinggal 2 gelas, kemudian disaring. Diminum 2 kali sehari ½ gelas.
  • Sakit Cangkrang : 2 rimpang temulawak diiris tipis-tipis, kemudian bersama 1 tangkai buah asam yang sudah masak, 1 potong gula kelapa, dan garam secukupnya direbus dengan 1 liter air sampai mendidih dan disaring. Diminum sekali sehari 1 gelas.
  • Sakit Cacar Air : 1 ½ rimpang diiris tipis-tipis dan dieringkan, kemudian ditambah 1 tangkai buah asam yang sudah masak direbus bersama dengan 1 liter air sampai mendidih dan disaring. Diminum 2 kali sehari 1 cangkir, pagi dan sore.
  • Sariawan : 1 rimpang temulawak sebesar ibu jari, 3 mata buah asam, dan 1 potong gula aren direbus dengan 2 gelas air sampai mendidih hingga tinggal 1 gelas, kemudian disaring. Diminum biasa.
  • Menghilangkan Jerawat : 1 rimpang temulawak sebesar ibu jari dan ½ rimpang kencur diparut, kemudian ditambahkan ¼ sendok makan biji jintan, 1 tangkai buah asam yang sudah masak dan 1 potong gula aren direbus bersama dengan 8 gelas air sampai mendidih dan disaring. Diminum malam hari secara teratur.
  • Menghilangkan Bau Badan : 1 rimpang temulawak ditumbuk halus, kemudian direbus dengan 1 liter air dan disaring. Diminum 2 kali sehari 1 cangkir.