Mengenal Khasiat dan Manfaat Daun dan Buah Salak

Dalam bahasa Inggris, buah salak dikenal dengan nama snake fruit, itu mungkin karena kulitnya yang sangat mirip dengan sisik ular, benar bukan? Buah ini banyak tumbuh dan ditemukan di Indonesia, Malaysia dan juga Thailand, beberapa jenis salak yang sangat terkenal seperti salak pondo dari Yogyakarta, salak condet dari Jakrta, salak bali dari Bali, salak Sidempuan dari Sumatera Utara dan salak Madura yang juga berasal dari Madura. Selain buahnya, salak juga tergolong jenis tanaman yang unik karena ditumbuhi banyak duri, sangat berbeda dengan jenis pohon-pohon buah pada umumnya.


Kandungan
Nilai kandungan gizi pada 110 gr salak antara lain kalor 134 kJ, kalori 32kkal, karbohidrat 8 gr, Vitamin C 2m, dan juga serat diet. Selain itu, salak mengandung protein, kalsium, zat besi, fosfor, vitamin B dan juga air.

Khasiat
Salak memiliki beberapa khasiat, antara lain:
  • Mengobati penyakit diare
  • Menjaga kesehatan kulit dan kuku
  • Kulit ari buah salak berkhasiat memperlancar buang air besar (pencahar)
  • Bermanfaat untuk kesehatan mata


Cara Membuat Ramuan
Daun salak juga sangat manjur untuk mengobati penyakit ambeien yang begitu kronis, caranya cukup mudah, gunakan 3 helai daun salak kemudian direbus dengan segelas air, selanjutnya air rebusan di saring dan diminum setelah ditambahkan gula merah. Minumlah 2 kali sehari, tiap pagi dan malam hari. Lakukan secara rutin untuk hasil yang optimal.