Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

9 Jenis Makanan Ini Sangat Baik Untuk Kesehatan Jantung

9 Makanan Sehat Untuk Kesehatan Jantung - Jantung  merupakan organ paling vital manusia, bisa dibayangkan bila jantung berhenti berdetak beeberapa saat, maka seluruh tubuh akan kekurangan oksigen, dan kabar buruknya bisa berdampak pada kematian, mengerikan bukan? Oleh sebab itu menjaga kesehatan jantung adalah mutlak dan tidak ada tawar menawar, jika Anda ingin tetap sehat dan berumur panjang. Banyak hal yang bisa di lakukan seperti olahraga yang teratur, menghindari stress dan selalu berpikir positif, dan menghindari makanan-makanan yang tinggi kolesterol sehingga akan membebani kerja jantung.

9 Makanan Sehat Untuk Kesehatan Jantung

Makanan Sehat Untuk Kesehatan Jantung Anda


Memilih makanan sehat untuk di komsumsi secara teratur adalah pilihan bijak untuk tetap menjaga dan meningkatkan kesehatan jantung Anda, berikut ini ada 9 makanan yang sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung:

1.Asparagus

Kaya akan saponin, sebuah senyawa fitokimia yang bekerja menghambat pertumbuhan kanker, sebagai antioksidan, mempunyai sifat menghambat  pertumbuhan mikroba, menurunkan kolesterol darah, menurunkan kadar glukosa darah, bersifat antibiotika,  dan menimbulkan efek peningkatan kekebalan. Satu penyajian asparagus memang tidak memberi saponin, tapi dengan kombinasi makanan yang kaya akan saponin lainnya seperti kinoa (quinoa) yaitu semacam sereal yang merupakan makanan pokok masyarakat Indian, maka akan diperoleh saponin yang cukup untuk tubuh. Asparagus juga mengandung nutrisi anti inflamasi seperti folat, Vitamin C dan D.

2.Coklat

Sebuah analisa dari Universitas Scranton Pennsylvania memperlihatkan bahwa mengkomsumsi coklat murni sebanyak 170 gram sehari akan mampu menangkal terjadinya aterosklerosis, menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL), dan trigliserida, meningkatkan kolesterol baik (HDL). Dilaporkan pula bahwa kakao mengandung antiseptik fenol, senyawa anti inflamasi yang membuat lemak teroksidasi dalam aliran darah sehingga menyumbat pembuluh darah.

3.Teh Hijau

Teh hijau memiliki kadar kafein lebih rendah di banding dengan teh hitam atau teh olong dan sangat mudah untuk penyajiannya. Meski begitu ketiga jenis teh diatas mengandung antioksidan seperti vitamin A, C, dan E dan flavonoid (senyawa organik yang mampu melarutkan karsinogen dan melawan sel kanker).

4.Ikan Haring

Sering diidentikkan dengan ikan salmon, tetapi memiliki kandungan asam omega 3 yang lebih tinggi yang mampu menurunkan kadar trigliserida dan menurunkan risiko pertumbuhan aterosklerotis (proses penipisan dan pengerasan dinding pembuluh darah karena tumpukan lemak) dan menurunkan risiko aritmia (detak jantung yang tidak normal) yang dapat menyebabkan serangan jantung mendadak. Penyajian 85 gram ikan haring segar akan memberi kurang lebih 2 gram omega 3.

5.Oatmeal

Serat larut dalam oatmeal ini mampu menurunkan kdar LDL dan mengeluarkannya dari dalam tubuh. Oat ini juga merupakan sumber protein, kalsium, besi, magnesium, seng, thiamin, folacin dan vitamin E di banding makanan biji sejenis.

6.Jeruk

Penelitian di Universitas Hebrew Yerusalem menunjukkan bahwa flavanon (subkategori flavonoid) biasa dikenals ebagai antioksidan dalam jeruk mampu menurunkan LDL dan meningkatkan HDL. Selanjutnya juga disebutkan bahwa orang dengan kadar kolesterol tinggi sangat dianjurkan untuk banyak mengkomsumsi jeruk, grape, dan lemon.

7.Pepaya

Buah ini mengandung banyak enzim yang berguna untuk pencernaan dan potasium yang merupakan nutrisi jantung. Potongan pepaya ukuran sedang akan mengandung kadar potasium 781 mg dibanding pisang ukuran sedang hanya 371 mg.

8.Plum Kering

Gula dalam plum kering ini sangat alami. Plum kering ini dikenals ebagai prune mengandung banyak antioksidan. Prune juga mengandung banyak serat yang ditengarai mampu memperpanjang umur dan mencegah serangan jantung. Setengah gelas penyajian (100 gr) akan menyumbang 25 persen kebutuhan serat harian.

9.Ubi jalar/Ketela Rambat

Makin beragam warna sayuran yang kita komsumsi maka makin baik. Ubi jalar ini mengandung antioksidan karoten yang melindungi jantung dari serangan radikal bebas.

Selalu menerapkan pola hidup sehat dan selalu mengkomsumsi makanan sehat, akan meningkatkan status kesehatan dan produktivitas Anda.