Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Khasiat dan Manfaat Batang Tanaman Pulosari

Nama Daerah : Palasari, pulosari.

Botani

Tanaman semak merambat, tinggi 5-10 m, batang dapat sebesar lengan dan menjalar ditanah, cabang sebesar ibu jari.cabang utama tidak berdaun, dibagian atas terdapat daun yang berputar 3-4 helai.Helai daun berbentuk lonjong, pangkal dan ujung daun meruncing, panjang 3-10 cm, lebar 1-2,5 cm.Berbunga majemuk, malai pada ketiak daun, jumlah bunga 3-6, kecil, dan berwarna putih.

Ekologi

Tumbuhan liar, tersebar di hutan-hutan dan lereng gunung di seluruh Asia yang beriklim tropis.


Budidaya

Cara yang paling mudah untuk memperbanyak tanaman dengan menggunakan turus batang yang telah berakar.Turus batang cepat mengeluarkan akar kemudian membentuk tanaman baru

Khasiat dan Manfaat Batang Pulosari

Batang tanaman pulosari termasuk jenis rempah yang sering digunakan dan dimanfaatkan sebagai mumbu masak kari, bumbu masakan olahan ikan. Batang dari tanaman ini berguna untuk memberikan rasa hangat dan aroma yang khas dan enak bila di digunakan sebagai bumbu masak. Terlebih lagi, batang pulosari yang bernama latin Alyxia Stellata ternyata memiliki efek penyembuhan terhadap beberapa penyakit akut dan kronis, luar biasa ya !

Sebagai tumbuhan obat, pulosari juga memiliki nama atau sebutan lain seperti palasan dan pule yang memiliki senyawa kimia yang sangat bermanfaat untuk pengobatan. Senyawa-senyawa yang ada dalam batang tanaman pulosari diantaranya, minyak atsiri, tannin, saponin, polifenol, flavonoid, alkaloid, asam betilanat, zat pahit dan  zat samak.

Dengan kandungannya yang banyak dan beragam, membuat tanaman obat satu ini juga memiliki manfaat yang beragam pula sehingga sangat disukai oleh para herbalis, bahkan manfaat batang pulosari juga diamine oleh pakar kesehatan. Berikut khasiat dan manfaat batang tanaman pulosari untuk pengobatan:

Mengatasi Masuk Angin dan Perut Kembung

Efek hangat yang ditimbulkan dari batang tanaman obat pulosari berguna untuk mengatasi gangguan perut kembung/masuk angina., cukup dengan menyeduh batang polusari yang telah dikeringkan dengan media air panas, lalu diminum seperti halnya minum the.

Menambah Selera Makan

Jika Anda pernah minum seduhan dari batang tanaman pulosari pastinya akan merasakan sensasi pahit. Namun.ternyata jika rajin minum seduhan pahit ini akan menambah selera makan Anda.

Mengatasi Demam

Efek anti demam dari batang pulosari bisa di dapatkan dengan cara memanfaatkan kulit batang yang masih fresh/segar. Ambil kulit batang yang masih baru dan segar secukupnya, bersihkan, lalu tumbuk hingga halus, kemudian diaplikasikan dengan cara ditempelkan pada dahi/kening. Nah, jika yang mengalami demam anak usia balita, maka letakkan kasa diatas param lalu tahan dengan plester agar tidak jatuh atau lepas.

Mengobati Keluhan Gatal

Efek dari senyawa atau zat atsiri yang ada dalam batang tanaman obat pulosari ini sangat efektif mengurangi rasa gatal, bahkan mampu mengurangi ruam merah pada kulit akibat alergi.

Menghilangkan Bau Mulut

Jika Anda mencampur ramuan batang tanaman pulosari dengan adas, daun beluntas akan mampu mengatasi bau mulut yang disebabkan pembusukan sisa-sisa makanan oleh bakteri. Caranya dengan merebus semua bahan-bahan tadi dengan segelas air hingga tinggal setengahnya. Selagi air rebusan masih hangat, jangan lupa tambahkan sedikit garam dapur, dan digunakan untuk berkumur-kumur 2 kali setiap hari, bangun tidur dan sebelum tidur malam.

Memperkuat Sistem Imun Tubuh/ Imuno Booster

Batang tanaman berkhasiat obat pulosari berkhasiat meningkatkan daya tahan tubuh karena mengandung senyawa flavonoid dan alkaloid yang merupakan antioksidan alami, keduanya akan bekerja maksimal guna meningkatkan sistem kekebalan tubuh terhadap serangan penyakit.

Mengobati Sesak Nafas/Bengek

Banyak sih yang belum mengetahui jika ramuan dari batang tanaman pulosari ini mampu mengatasi bengek atau sesak napas, termasuk Anda bukan? caranya cukup gampang yakni dengan menggabungkan dengan beberapa jenis tanaman obat lainnya seperti adas, jintan hitam, pulosari, temu lawak hingga kencur. Rebus semua bahan tersebut dengan menggunakan 4,5 gelas air hingga nantinya tinggal setengah. Setelah air rebusan dingin, saring terlebih dahulu dan simpan di wadah yang tertutup rapat. Aplikasikan ramuan tersebut dnegan cara diminum 3 kali setiap harinya masing-masing ¾ gelas.

Selain yang telah disebutkan diatas, masih banyak khasiat dan manfaat lainnya dari tanaman herbal batang pulosari seperti mengobati sakit tenggorokan, menyembuhkan sariawan, mengobati batu empedu, meredakan batuk yang mengganggu, mengobati penyakit kencing nanah (GO), anti kejang pada usus, mengobati diare dan menurunkan asam lambung pada penderita penyakit gastritis atau maag.

Nah, untuk sementara cukup hingga disini ulasan kami tentang Khasiat dan Manfaat Tanaman Obat Batang Pulosari. Semoga informasi ini bisa menjadi jalan kesembuhan bagi Anda. Salam Naturalis123