Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Khasiat dan Manfaat Kristal Kapur Untuk Kesehatan

Khasiat dan Manfaat Kristal Kapur Untuk Kesehatan - Herbal ini berasal dari pohon kapur atau dikenal pula di Indonesian kapur. Pohon penghasil kapur barus (kamper) ini mempunyai ukuran yang besar dan tinggi. Diameter batangnya mencapai 70 cm, bahkan ada yang 150 meter dengan tinggi pohon mencapai 60 meter. Persebaran tumbuhan langka ini mulai dari Indonesia (pulau Sumatera dan Kalimantan) dan Malaysia (Semenanjung Malaysia, Sabah, dan Serawak).

Rasa dari herbal ini pahit, tajam, dan aromatik, bersuhu cenderung dingin. Kandungan kimia yang terdapat di dalamnya yaitu, Bergenin, malaysianol A, laevifonol, ampelopsin E, a-viniferin, diptoindonesin.

Bekerja pada tubuh bagian kepala, mata, kulit jantung, paru-paru, limpa dan hati. Berkhasiat untuk mengobati: membuka lubang dan merawat pada kasus, collapse, pingsan, kejang; menurunkan panas pada bisul, radang mata, lakrimasi, sekresi hidung purulent; menredakan nyeri pada pembengkakan tenggorokan, sakit, luka kulit yang menyakitkan, sakit mata; eksem, terbakar dan ulcerasi, bisul tenggorokan, luka, pembengkakan laring, sekeresi hidung purulent, lesi purulent. Mengurangi pembengkakan pada bisul, benjolan, pembengkakan yang menyakitkan, luka pruritus, akut dan kronis; menghentikan gatal, bengkak eksternal, tenggorokan bengkak, bisul; bergerak dan mengatur Qi dengan , memasuki semua jaringan, terutama otot-otot  dimana ia bergerak Qi dan darah, menurunkan pembengkakan, meredakan nyeri, akut dan luka kronis.

Bagian yang digunakan, kristal kapur yang diambil dari bagian tengah pohon. Dosis 0,3-0,9 gram, standar 0,3 gram. Digunakan dalam bentuk pil atau serbuk untuk pemakaian luar.

Efek farmakologi, untuk mengobati neuralgia, abses, dan herpes zozter. Sedikit menstimulasi saraf sensorik perifer dan sistem saraf pusat. Diserap melalui kulit dan selaput lendir. Kontraindikasi kekurangan Qi, kekurangan darah, tidak boleh direbus. Penggunaan selama kehamilan dilarang.