Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ramuan Herbal Kacang Hijau Untuk Anemia

Ramuan Herbal Kacang Hijau Untuk Anemia - Penyakit Anemia sering disebut juga dengan penyakit kurang darah merah, benar bukan ? Anemia merupakan kondisi di mana jumlah hemoglobin ( protein pembawa oksigen ) dalam sel darah merah berada di bawah normal. Di dalam sel darah merah terdapat hemoglobin yang berfungsi mengangkut oksigen mulai dari paru-paru, lalu mengantarkannya keseluruh tubuh.

Racikan Herbal Kacang Hijau Untuk Anemia

Anemia terjadi pada saat tubuh memproduksi sel darah merah terlalu sedikit, kehilangan sel darah merah terlalu banyak atau mematikan sel darah merah lebih banyak daripada menggantinya. Anemia rentan terjadi ketika Anak perempuan mengalami menstruasi pertama kali. Sebab, biasanya darah banyak keluar pada masa awal menstruasi. Selain itu, anemia juga disebabkan kurangnya zat besi pada makanan sehari-hari yang kita makan.

Tanaman herbal yang mudah didapatkan untuk mengobati anemia yaitu kacang hijau. Kacang Hijau mengandung vitamin, B1, B12, dan niacin. Disamping itu, tanaman ini juga dilengkapi dengan B6, riboflavin, asam panthotenat yang berperan dalam membantu fungsi organ tubuh dan metabolisme. Dalam 100 gram kacang hijau terdapat potasium ( 266 mg ), kalsium ( 27 mg ), mangan ( 48 mg ), fosfor ( 99 mg ), magnesium ( 0,3 mg ), zinc ( 0,8 mg ), zat besi ( 1,4 mg ), dan selenium.

Berikut ini resep racikan ramuan herbal untuk mengatasi anemia.


Bahan :

  • 1 cangkir kacang hijau.
  • 400 cc air matang.

Cara Meracik Ramuan :

  • Cuci bersih kacang hijau.
  • Campur kacang hijau dengan 400 cc air, lalu rebus hingga tersisa 100 cc.
  • Minumlah air rebusan tersebut selagi hangat.
  • Ramuan ini disajikan dalam 1 gelas untuk sekali minum.
  • Minum ramuan ini secara rutin 2 kali sehari.
 Image : satwa.net