Sejuta manfaat buah pepaya

Nama Latin : Kates, telo gantung, pepaya

Botani

Tinggi pohon 2-5 m, daun mengumpul di atas batang.Daun membulat, berbagai menjari, panjang10-30 cm, lebar 10-35 cm, tangkai daun berongga di tengah, panjang 15-50 cm.Daun rasanya pahit.

Ekologi

Tersebar di berbagai daerah di Indonesia.Menyukai tanah yang gembur dan subur dari dataran rendah sampai 1.000 m dpl dengan cahaya matahari langsung, tidak menyukai tanah tergenang.

Budidaya

Dikembangbiakkan dengan biji.Biji disemaikan sebelum ditanam dilahan, biji yang akan ditanam direndam dalam air, dipilih yang tenggelam.Biji berasal dari varietas yang baik, yaitu tanaman berbuah besar, daging buah jingga kemerahan, dan rasanya manis.jarak tanam kurang lebih 1 m.Pemupukan dilakukan 6 bulan sekali.Pohon berbuah setelah 3-4 bulan.

Khasiat :
Ada banyak khasiat dari buah pepaya dari hasil seminar yang diselenggarakan oleh Direktorat Budidaya Tanaman Buah, diantaranya :
  • Meningkatkan kesehatan otot tubuh dan menghindari terjadinya penimbunan lemak di dalam tubuh.
  • Pepaya mempunyai peranan penting dalam mempercepet pencernaan protein.
  • Mengkomsumsi pepaya minimal 500 gram perhari ( kandungan vitamin c yang tinggi ) mampu meningkatkan kualitas sperma, meningkatkan kesuburan dan mepercepat pergerakan sperma sehingga akan mempermudah terjadinya kehamilan.
  • Sebagai antiradikal bebas dan detoksifikasi racun sehingga meningkatkan kekebalan dan daya tahan tubuh agar selalu bugar dan sehat.
  • Antiseptik usus yang mampu mengentikan perkembangan bakteri yang merugikan usus, dan sebagai penyeimbang ph usus.
  • Pada kates atau pepaya  yang sudah masak diyakini membantu mengobati penyakit disentri dan reumatik.
  • Mempunyai peranan dalam pengobatan berbagai penyakit seperti : kencing manis, epilepsi, hipertensi, radang sendi, dan sembelit.
Ternyata sangat banyak manfaat buah pepaya yang mampu meningkatkan kesehatan tubuh secara optimal agar tubuh selalu bugar dan sehat, sehingga bisa beraktifitas dengan lancar dan bersemangat, untuk itu biasakanlah mengkomsumsi pepaya untuk kesehatan Anda.