5 Khasiat dan Manfaat Terbaik Belimbing Wuluh Untuk Kesehatan

Nama latin : Averrhoa bilimbi

Botani

Berupa pohon, tinggi 4-5 m.daun berwarna hijau muda hingga hijau kecoklatan, bentuk jorong, ujung daun runcing. Permukaan bawah lebih halus daripada permukaan atas.bunga berwarna merah, keluar dari batang maupun cabang. Buah berbentuk lonjong, panjang 3-6 cm, dan rasa sangat asam.

Ekologi

Berasal dari Indonesia kemudian menyebar ke berbagai daerah tropika lain.Belimbing wuluh tumbuh dengan baik didataran rendah maupun pegunungan, memerlukan udara yang beriklim kering.

Budidaya

Penanaman dilakukan dengan cangkok. Walaupun buahnya mengandung biji, tetapi bijinya kecil sekali, sehingga sulit dikecambakan untuk dibuat bibit.


Khasiat dan Manfaat Belimbing Wuluh :

Anti hipertensi

Ambil beberapa buah belimbing wuluh,  dicuci sampai bersih, kemudian dipotong-potong baru direbus dengan 3 gelas air sampai mendidih biarkan hingga kira-kira tinggal 1 gelas, kemudian dinginkan dan diminum rutin setelah sarapan pagi.
Catata: Tidak dianjurkan pada penderita penyakit hipertensi dengan komplikasi gastritis/maag, penderita yang mempunyai kadar asam oksalat yang tinggi dalam urine.

Gusi berdarah

Cuci bersih belimbing wuluh kemudian dikomsumsi langsung kurang lebih 2 buah setiap hari secara rutin.

Mengobati dan mengurangi Jerawat

Siapkan 3 buah belimbing wuluh yang segar, kemudian diparut dan tambahkan sedikit garam halus, kemudian balurkan pada kulit yang berjerawat.

Obat Batuk

Ambil buah, bunga, daun yang sama banyaknya kemudian dibersihkan baru direbus biarkan mendidih kurang lebih 30 menit, kemudian dinginkan baru diminum.

Mengobati Penyakit Diabetes

Belimbing wuluh memiliki khasiat untuk mengobati penyakit kencing manis/diabetes mellitus, dimana kadar gula tinggi disebabkan oleh zat insulin yang tidak cukup di dalam tubuh, dimana insulin memiliki peranan penting untuk mengontrol dan menstabilkan tekanan darah di dalam tubuh. Insulin diproduksi oleh pancreas, saat seserang terkena penyakit diabetes akan mengalami penurunan insulin secara bermakna, ini menjadi pertanda bahwa organ pancreas bermasalah dalam memproduksi zat insulin yang sangat dibutuhkan tubuh untuk metabolisme glukosa.
Kandungan yang terdapat di dalam buah belimbing wuluh, diantaranya saponin dan flavonoid, memiliki fungsi untuk membantu meningkatkan produksi insulin oleh organ pankreas sekaligus memperbaiki sel-sel pankreas yang rusak. Kandungan senyawa tannin yang juga ada dalam buah ini berkhasiat membantu menurunkan kadar gula darah menjadi normal kembali.
Belimbing wuluh juga mengandung senyawa kalsium, yakni kalsium oksalat yang sangat baik untuk mencegah penyakit osteoporosis (pengeroposan pada tulang). Pad apenderita diabetes mellitus sangat rawan untuk terkena berbagai penyakit komplikasi lainnya, termasuk pengeropsan tulang, gagal ginjal, serangan jantung, obesitas (kegemukan) dan gangguan hati, kalsium oksalat akan membantu resiko komplikasi osteoporosis.
Untuk mendapatkan manfaatnya, belimbing wuluh bisa di makan langsung ataupun diolah dalam berbagai bentuk olahan sesuai dengan selera Anda.
Berikut ini adalah langkah mudah untuk mengolah buah belimbing wuluh menjadi obat alami berkhasiat, sebagai berikut:
  • Ambil 6 buah belimbing wuluh yang telah masak, cuci dengan menggunakan air bersih.
  • Lumatkan semua belimbing wuluh yang telah masak sampai benar-benar halus.
  • Selanjutnya direbus dengan menambahkan 1 gelas air
  • Biarkan mendidih dna air tersisa tinggal setengahnya.
  • Setelah itu, angkat dan dinginkan.
  • Lalu saring air rebusan belimbing wuluh dan siap di minum.
  • Minum rebusan ramuan belimbing wuluh ini sebanyak 2 kali sehari, yakni pad apagi dan sore hari.
Perlu diingat juga bahwa minum ramuan belimbing wuluh terlalu banyak dapat menyebabkan efek samping seperti gangguan pada lambung, maas,gastritis dan radang lambung, karena itu minum secukupnya sesuai anjuran.
Demikianlah 5 khasiat dan manfaat terbaik belimbing wuluh untuk kesehatan Anda.

0 Response to "5 Khasiat dan Manfaat Terbaik Belimbing Wuluh Untuk Kesehatan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel