9 Rahasia Sehat Terbaik Buah Mengkudu

9 Rahasia Sehat Buah Mengkudu
Dalam bahasa Jawa, buah mengkudu dikenal dengan nama pace. Tanaman ini berasal dari daerah Asia Tenggara dan tumbuh di dataran rendah dengan ketinggian 1500 m. tinggi pohon mengkudu sencapai 3-8 m dan memiliki bunga bongkol berwarna putih, berbentuk corong dengan panjang mencapai 1,5 cm. buahnya berwarna hijau mengkilap dan memiliki bintik-bintik besar.

Kandungan dan Senyawa Kimia

Secara menyeluruh, buah mengkudu tergolong buah yang memiliki gizi lengkap. Zat nutrisi yang diperlukan tubuh seperti protein, vitamin plus mineral penting, tersedia dalam jumlah cukup banyak pada buah dan daun mengkudu. Selenium, salah satu mineral yang terdapat merupakan antioksidan yang hebat. Berbagai jenis senyawa yang terkandung dalam mengkudu antara lain xeronin, plant sterols, alizarin, lizin, sodium, caprylic acid, arginine, proxeronin, anthraquinone, trace element, fenilalanin, dan magnesium.

Zat-zat aktif yang terkandung dalam sari buah mengkudu itu dapat mematikan bakteri penyebab infeksi, seperti Pseudomonas, Aeruginosa, Proteus Morganii, Staphylococcus Aeureus, Bacillus Subtilis, dan Escheria Coli. Zat anti bakteri tersebut juga dapat mengontrol bakteri pathogen (mematikan) seperti Salmonella Montevideo, Salmonella Thyphi, Shigella Dysentriae, Shigella Flexnerii, dan Shigella Pradysenteriae.

Salah satu alkaloid penting yang terdapat di dalam buah mengkudu adalah xeronin. Buah mengkudu hanya mengandung sedikit xeronin, tapi banyak mengandung proxeronin, bahan pembentuk (precursor) xeronin. Xeronin diserap sel-sel tubuh untuk mengaktifkan protein-protein yang tidak aktif, mengatur struktur, dan bentuk sel yang aktif.

Khasiat dan Manfaat Mengkudu

Mengkudu memiliki banyak zat aktif yang sangat berkhasiat dalam mencegah dan mengatasi berbagai penyakit. Berikut ini adalah khasiat buah mengkudu:
  1. Membantu tubuh dalam proses pembentukan dan pemulihan sel-sel tubuh.
  2. Melawan bakteri-bakteri penyebab infeksi
  3. Menetralkan radikal bebas
  4. Sebagai buah bernutrisi lengkap
  5. Memperlebar saluran pembuluh darah yang mengalami penyempitan dan melancarkan peredaran darah.
  6. Antiperadangan dan antialergi
  7. Melawan sel-sel kanker
  8. Mengaktifkan enzim-enzim dan mengatur fungsi protein di dalam sel.
  9. Sebagai zat pewarna merah yang bisa diambil dari kulit akar tanaman mengkudu.

Cara Membuat Ramuan
Untuk mencegah hipertensi, peraslah buah mengkudu yang masak untuk diambil sarinya, kemudian campur dengan madu secukupnya. Diminum dan diulangi 2 hari sekali. Selain itu, buah mengkudu juga bisa dinikmati dengan cara dibuat jus.