8 Khasiat dan Manfaat Alami Buah Mentimun

8 Khasiat dan Manfaat Alami Buah Mentimun
Buah mentimun muda memiliki tampilan khas berwarna hijau lengkap dengan larik-larik putih kekuningan. Waktu masak warna kulit luar berubah hijau pucat hingga putih. Bentuk mentimun memanjang seperti torpedo. Buah mentimun biasanya dijadikan lalapan saat makan. Di samping itu, potongan buah mentimun bisa digunakan untuk melembabkan wajah. Mentimun juga dipercaya dapat menurunkan tekanan darah tinggi.

Kandungan & Senyawa

Mentimun mengandung 0,65% protein, 0,1% lemak, dan 2,2% karbohidrat. Selain itu, di dalam mentimun juga terkandung kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, vitamin A, B1, B2 dan C. biji mentimun sendiri mengandung alkaloid jenis hipoxantin yang berfungsi untuk mengobati penyakit cacingan.

Khasiat dan Manfaat

1. Mengatasi Jerawat
Buah mentimun di cuci, kemudian diiris-iris. Irisan mentimun ditempelkan dan digosok-gosok pada kulit yang berjerawat. Lakukan kebiasaan ini setiap hari.

2. Menghilangkan flek hitam bekas jerawat
Gunakan bagian ujung buah mentimun sepanjang kurang lebih 5 cm, kemudian diparut. Jangan lupa ambil sedikit kunyit, kira-kira sebesar ibu jari kemudian ditumbuk dan diambil airnya. Air kunyit itu dicampurkan dalam mentimun yang sudah diparut itu. Kemudian, sapukanlah ke wajah. Lakukan setiap hari hingga flek menghilang. Atau, Anda bisa menggunakan spray toner buatan sendiri. Caranya, parut 1 buah mentimun yang sudah dikupas terlebih dahulu, saring dan ambil airnya, campurkan dengan 2 sendok teh madu. Kemudian masukkan campuran itu ke dalam botol yang dilengkapi alat penyemprot. Semprotkan ke wajah 2 kali sehari.

3. Meredakan sakit tenggorokan
Campurkan sedikit biji mentimun dengan sedikit garam. Kemudian tambahkan air. Gunakan campuran itu untuk berkumur, kemudian diminum.

4. Menurunkan tekanan darah tinggi
2 buah mentimun segar dicuci bersih, lalu diparut. Hasil parutannya diperas dan disaring, kemudian diminum sekaligus. Lakukan 2-3 kali sehari.

5. Mengatasi sariawan
Setiap hari makan buah mentimun sebanyak 9 buah. Lakukan secara rutin.

6. Membersihkan ginjal
Ambil Mentimun segar dan dicuci terlebih dahulu, lalu diparut. Hasil parutannya diperas dan disaring. Airnya diminum sedikit demi sedikit sampai lambung terbiasa menerima cairan mentimun.

7. Menyembuhkan demam
Ambil mentimun secukupnya, dicuci bersih lalu diparut. Hasil parutannya diletakkan diatas dahi.

8. Mengatasi haid yang tidak teratur
Giling halus 5 buah majakani, 1 buah mentimun, 10 lembar daun dadap serep, 10 lembar daun cocor bebek, 5 jari labu air, 10 lembar daun sambaing colok, tambahkan air garam secukupnya. Kemudian diusapkan ke perut, lalu balut. Lakukan 2 kali sehari.