Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rahasia Sehat Kulit dan Buah Manggis Yang Wajib di Ketahui

Pohon manggis menyukai suhu yang hangat dan stabil untuk tumbuh dan berkembang. Manggis tergolong jenis tanaman yang hanya hidup di daerah beriklim tropis, dan diyakini berasal dari Indonesia. Tinggi pohonnya bisa mencapai hingga tinggi 7-25 meter.

Dalam bidang perdagangan, manggis sering dijuluki sebagai ratu buah. Sebutan ini tentunya tidak berlebihan mengingat kadar antioksidan yang terkandung dalam buah manggis adalah yang tertinggi di dunia, luar biasa bukan? Selain daging buahnya, ternyata kulit manggis juga memiliki khasiat yang tidak bisa diremehkan.

Kandungan & Senyawa Utama

Kulit kayu, kulit buah dan lateks keirng manggis mengandung sejumlah zat warna kuning yang berasal dari dua metaboloit, yakni mangostin dan β-mangostin. Berbegai penelitian berhasil membuktikan kulit buah manggis mengandung antioksidan yang sangat kuat, melebihi vitamin C dab E. Buah ini juga kaya akan vitamin B1, B2, C, kalsium, kalium, sodium, zat besi, mangostin, garnison, gartanin, flavonoid dan xanthone.

Khasiat Terbaik Manggis

Buah manggis dapat dimanfaatkan sebagai obat diare, peradangan pada amandel, keputihan, disentri, wasir dan borok. Selain itu, manggis juga dapat meluruhkan dahak dan mengobati sakit gigi. Sedangkan kulit buah manggis digunakan untuk mengobati sariawan, nyeri urat, disentri, dan juga sembelit. Sedangkan kulit batangnya berkhasiat meredakan nyeri perut, dan akarnya sangat bagus untuk mengatasi hadi yang tidak teratur.

Xanthone yang ada pada kulit buah manggis adalah agen membunuh penyakit yang ampuh dan juga memperbaiki sel yang telah rusak, serta melindungi sel-sel dalam tubuh. Xanthone juga berkhasiat mengobati penyakit seperti jantung, hipertensi, thrombosis, dan aterosklerosis. Bukan hanya itu, senyawa ini mampu menghambat pertumbuhan masiv sel-sel kanker. Jenis-jenis kanker yang bisa diobati dengan kulit manggis, antara lain kanker pay**ara, kanker darah (leukemia), kanker lambung, kanker paru-paru, kanker usus besar, dan juga kanker hati.

Cara Membuat Ramuan

Obat Disentri
2 buah manggis dicuci dan dipotong-potong lalu direbus dengan 4 gelas air hingga mendidih dan tinggal setengahnya. Setelah dingin, disaring, kemudian dimnum dengan madu 2 kali sehari sebanyak ¼ gelas.

Obat Mencret
2 kulit buah manggis yang sudah masak, dicuci dan dipotong-potong, lalu direbus dengan 3 gelas air sampai tersisa separuhnya. Setelah dingin, jangan lupa disaring terlebih dulu sebelum diminum dengan madu seperlunya, lakukan hal ini 2 kali sehari masing-masing ¼ gelas setiap kali minum ramuan ini.

Obat Sariawan
2 kulit buah manggis di cuci dan dipotong-potong kecil, kemudian direbus dnegan 3 gelas air sampai mendidih, biarkan hingga tinggal separuhnya. Setelah dingin, disaring dan digunakan dengan cara dikumur-kumur terlebih dahulu sebelum diminum. Lakukan 3 hingga 6 kali sehari sebanyak 2 sendok makan.