Kenali 3 Khasiat dan Manfaat Jagung Untuk Kesehatan Anda

Kenali 3 Khasiat dan Manfaat Jagung Untuk Kesehatan Anda - Tahukah Anda bahwa jagung merupakan jenis tanaman semusim, dalam satu silkus hidupnya jagung membutuhkan waktu 80 hingga 150 hari hingga waktu panen tiba. Paruh pertama siklus merupakan tahap pertumbuhan vegetative, sedangkan paruh kedua untuk pertumbuhan generatif. Tinggi tanaman jagung sangat variatif, meskipun tinggi tanaman jagung pada umumnya antara 1 hingga 3 meter. Tinggi tanaman di ukur dari permukaan tanah hingga ruas teratas sebelum bunga jantan. Apa yang sering kita kenal dengan “tongkol jagung” sebenarnya adalah bunga betina jagung, sedangkan “rambut jagung” merupakan tangkai putiknya.


Khasiat dan Manfaat Jagung Untuk Kesehatan
Umumnya, 1 tanaman jagung akan menghasilkan 1 tongkol jagung yang produktif, meskipun memiliki sejumlah bunga betina. Beberapa varietas unggul yang ada saat ini dapat menghasilkan lebih dari 1 tongkol produktif dan biasa dikenal sebagai varietas profilik.

Kandungan
Kandungan utama dari tanaman jagung adalag zat karbohidrat, yang sebagian besarnya terletak di endospermium. Kandungan karbohidrat dapat mencapai hingga 80% dari seluruh bahan kering biji jagung. Karbohidrat dalam bentuk pati umumnya berupa campuran amilosa dan amilopektin. Sedangkan pada jagung manis, kandungan amilopektinnya lebih rendah, tapi memiliki kadar fitoglikogen dan sukrosa yang jauh lebih besar. Perbedaan ini tidak banyak berpengaruh pada kandungan gizi, namun lebih pada proses pengolahan sebagai bahan pangan.

Kandungan gizi jagung per 100 gr amtara lain 355 kalori, protein 9,2 gr, lemak, 3,9 gr, karbohidrat 73,7 gr, kalsium 10 mg, fosfor 256 mg, vitamin A 510 SI, vitamin B1 0,38 mg, besi 2,4 mg,d an air 12 gram.

Khasiat dan Manfaat

Rambut atau tongkol jagung muda berkhasiat untuk mengatasi penyakit batu empedu, batu ginjal, busung air pada radang ginjal, hepatitis, busung perut, kencing manis, radang kandung empedu, sirosis hepatis dan tekanan darah tinggi (hipertensi).


Cara Membuat Ramuan Berkhasiat dari Jagung

Mengobati Batu Empedu
  • Gunakan 5 tongkol jagung muda, 5 gr herba kumis kucing, dan 110 ml air, lalu dibuat jus dan diminum 1 kali sehari sebanyak 100 ml. Lakukan selama 14 hari untuk hasil optimal

Mengatasi Batu Ginjal
  • 4 tongkol jagung muda, 1 genggam rambut jagung, 8 helai daun keji beling segar, dan 110 ml air, lalu dibuat jus. Minum sehari 1 kali sebanyak 100 ml. Lakukan selama 14 hari. Setelah batu ginjal keluar, baik berupa kerikil, butiran maupun bih, pengobatan bisa dihentikan.
Menurunkan Tekanan Darah Tinggi
  • 5-7 tongkol jagung muda, 1 genggam rambut jagung, dan 110 ml air, dibuat jus. Minum 1 kali sehari sebanyak 100 ml. ulangi selama 7 hari. Jumlah rambut jagung jangan terlalu banyak karena dapat menurunkan tekanan darah dengan cepat. baca juga : Mengenal Khasiat dan Manfaat Daun dan Buah Salak