Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Khasiat Terbaik Buah Mangga Untuk Kesehatan Anda

5 Khasiat Terbaik Buah Mangga Untuk Kesehatan Anda
Mangga diyakini berasal dari India. Pada perkembangan berikutnya, buah ini tersebar ke berbagai penjuru dunia, khususnya di daerah tropis. Tinggi makasimal pohon manga bisa mencapai 40 meter. Buah mangga banyak banyak di jual di pasar. Jenisnya pun beraneka ragam. Tercatat, ada sekitar 2000 jenis mangga di seluruh dunia. Di Indonesia, jenis mangga yang cukup terkenal, antara lain mangga manalagi, gadung, gedong, arum manis dan mangga golek.

Kandungan

Mangga memiliki kandungan vitamin A, C dan E yang sangat baik untuk peremajaan kulit. Senyawa karotenoid bernama Cryptoxanthin yang terdapat dalam mangga, mampu membasmi sel-sel kanker. Sementara kandungan asam galat yang juga terdapat pada mangga sangat baik untuk pencernaan. Selain itu, kandungan ribovlavinnya bagus untuk menjaga kesehatan mata, mulut, dan tenggorokan.

Khasiat dan Manfaat Mangga

Beberapa khasiat mangga yang dapat Anda ambil, antara lain
  1. Mengobati radang, influenza, dan mabuk perjalanan
  2. Meremajakan kulit
  3. Membasmi sel-sel kanker
  4. Membantu pencernaan
  5. Menjaga kesehatan mata, mulut, dan tenggorokan.

Ramuan dan Tips

Pengobatan Radang Kulit
  • 150 gram kulit buah mangga di masak dengan air secukupnya hingga mendidih. Dalam kondisi masih hangat, air rebusan ini di pakai untuk mencuci bagian kulit yang sakit
Pengobatan Penyakit Influenza
  • Semua bahan (200 gram daging buah mangga, 10 gram jahe, dan 2 batang daun bawang putih segar) direbus dengan 500 cc air hingga tersisa separuhnya atau 250 cc. kemudian, airnya disaring dan diminum selagi masih hangat.
Pengobatan Untuk Mabuk Perjalanan
  • Mangga yang sebelumnya telah dikeringkan, terlebih dulu direbus dengan air secukupnya. Setelah hangat, beri madu secukupnya dan 10 cc air jeruk nipis, lalu diaduk hingga rata. Selanjutnya, ramuan ini di minum selagi hangat.
Demikian informasi tentang manfaat mangga untuk kesehatan tubuh kita, terima kasih telah membaa artikel artikel tentang tanaman obat berkhasiat di blog ini, semoga bermanfaat.