9 Khasiat Herba Ceremai Yang Sayang di Lewatkan

Selama ini ceremai lebih di kenal karena rasa buahnya yang asam-asam manis namun menyegarkan, sehingga sering di jadikan manisan ataupun di rujak, benar bukan? Namun tahukah Anda, ternyata daun, kulit akar dan bijinya juga memiliki banyak khasiat dan manfaat untuk kesehatan dan sangat cocok untuk mengobati penyakit-penyakit tertentu. Oleh karena itu, tidaklah mengherankan jika herba ceremai banyak di rekomendasikan oleh ahli-ahli herbal sebagai solusi untuk mengobati penyakit. Lalu, penyakit apa yang bisa di obati dengan herba ceremai? Lanjut baca yuk !

9 Khasiat Herba Ceremai  Yang Sayang di Lewatkan

Ceremai ( Phyllanthus acidus [L.] Skeels ) merupakan pohon yang asalnya dar India, tanaman ini dapat tumbuh pada kondisi tanah ringan hingga berat dan tahan jika kekurangan atau kelebihan air. Tanaman ini biasanya banyak di jumpai di halaman atau pekarangan rumah, di ladang maupun di tempat lagi hingga ketinggian 1.000 m dpl.

Beberapa ciri khas ceremai diantaranya pohon kecil, tingginya bisa mencapai 10 meter, terkadang juga lebih. Percabangannya banyak dan kulit kayunya lebih tebal. Sementara daunnya tunggal, bertangkai pendek yang tersusun dalam tangkai yang membentuk rangkaian seperti daun majemuk.
Daun muda ceremai biasanya di makan dengan cara di sayur, buah muda juga bisa di masak bersama sayuran lain sebagai penyedap masakan karena rasa asamnya. Untuk buah yang sudah masak bisa di makan langsung setelah sebelumnya di remas terlebih dahulu dengan menggunakan air garam yang berguna untuk mengurangi rasa sepat dan asam, di makan setelah di buat manisan atau selai. Perbanyakan tanaman ini dengan bijinya atau okulasi.

Sifat dan Khasiat

Daun ceremai memiliki bau khas aromatic, tidak berasa, dan memiliki khasiat sebagai expektoransia ( pengencer dahak ) dan pencahar ( purgative ). Kulit akar dan buah berkhasiat sebagai pencahar pada kondisi konstipasi.

Kandungan dan Senyawa Kimia

Daun, kulit batang, dan kayu ceremai memiliki kandungan zat saponin, polifenol, dan tannin. Akarnya juga mengandung saponin, asam galus, zat samak, dan juga zat beracun ( toksik ). Sedangkan buahnya kaya akan Vitamin C. bagian yang digunakan dari herba ini adalah akar, kulit akar dan bijinya.

Indikasi

Daun berkhasiat untuk :
  • Menguruskan badan
  • Batuk berdahak
  • Mual
  • Kanker, dan sariawan
Kulit akarnya memiliki khasiat untuk mengatasi :
  • Asma, dan
  • Sakit Kulit
Biji berkhasiat untuk mengatasi :
  • Sembelit, dan
  • Mual akibat perut kotor.

Cara Pemakaian
  1. Asma – Siapkan biji ceremai lebih kurang 6 biji, tambahkan bawang merah 2 siung, akar kara ( dolichos lablab ) ¼ genggam, buah lengkeng 8 butir, terlebih dahulu di bersihkan lalu ditumbuk seperlunya. Semua bahan-bahan tersebut kemudian di rebus dengan 2 gelas air bersih dan biarkan hingga tersisa 1 ½ gelas. Setelah dingin, jangan lupa di saring, lalu diminum dengan air gula secukupnya. Gunakan 2 kali sehari, masing-masing ¾ gelas.
  2. Sembelit – Ambil biji ceremai sebanyak ¾ sendok the, cuci kemudian digiling hingga benar-benar halus. Selanjutnya di seduh dengan ½ gelas air panas. Selagi hangat jangan lupa tambahkan  1 sendok makan madu, dan aduk hingga rata kemudian diminum sekaligus. Lakukan 2 kali sehari. Cara kedua, siapkan daun ceremai segar sebanyak 3 g, dicuci lalu di tumbuk halus. Seduh dengan ½ gelas air panas dan dinginkan. Hasil seduhan diminum sekaligus bersama-sama dengan ampasnya.
  3. Kanker - Siapkan daun ceremai yang masih uda lebih kurang ¼ genggam, daun belimbing 1/3 genggam, gadung cina ½ jari, bidara upas ½ jari, gula enau 3 jari, cuci kemudian di potong-potong seperlunya. Bahan-bahan tersebut selanjutnya di rebus dengan 3 gelas air bersih hingga mendidih dan sisakan kira-kira ¾ bagian. Setelah dingin jangan lupa dis aring terlebih dahulu sebelum diminum 3 kali sehari masing-masing ¾ gelas.
  4. Melangsingkan Badan - Minum rebusan daun ceremai, obat ini bekerja kuat, sehingga tidak boleh di gunakan dalam jangka waktu lama.
Catatan Penting :
Cairan akar beracun, oleh karena itu tidak boleh menggunakan akar ceremai untuk pengobatan.