9 Khasiat dan Manfaat Herba Cakar Ayam

9 Khasiat dan Manfaat  Herba Cakar Ayam - Herba Cakar Ayam (  Selaginella doederleinii Hieron ) merupakan jenis tanaman paku-pakuan ini umumnya tumbuh dan di temukan di tebing, tepi jurang dan lokasi-lokasi teduh yang berhawa dingin. Tumbuh tegak, tingginya 15 – 35 cm, akar keluar pada percabangan, sedangkan batang ada yang berdiri tegak , berbaring dan bercabang menggarpu.  Daunnya kecil-kecil panjang 4 -5 mm, lebarnya 2 hh, berbentuk jorong, ujung meruncing, warna permukaan hijau tua, dan pangkal rata, sedangkan permukaan bawah  hijau muda. Daunnya tersusun rapi pada bagian kiri kanan batang induk hingga di percabangannya, sehingga bentuknya sangat mirip dengan cakar ayam lengkap dengan sisik-sisiknya.

9 Khasiat dan Manfaat  Herba Cakar Ayam

Sifat dan Khasiatnya

Herba cakar ayam memiliki rasa manis, hangat, masuk meridian paru, lambung dan hati. Berkhasiat untuk menghilangkan panas dan lembap. Antitoksik, melancarkan aliran darah, penghenti perdarahan ( haemostatik ), antineoplasma, dan menghilangkan bengkak. Herba cakar ayam memiliki senyawa alkaloid, phytosterol dan juga saponin. Sedangkan bagian yang digunakan  adalah seluruh tanaman ( herba ) yang telah di keringkan terlebih dahulu.

Khasiat dan Manfaat

Secara umum herba cakar ayam kaya memiliki banyak khasiat dan manfaat, diantaranya :
  1. Batuk, sakit tenggorok
  2. Infeksi saluran napas ( bronchitis ), radang paru ( pneumonia ), radang akut amandel ( tonsillitis akut ) radang konjungtiva mata ( konjungtivitis )
  3. Hepatitis akut dan kronis, radang kandung empedu ( kolesistitis ), pengerasan hati ( sirosis hepatis ), perut busung ( asites ).
  4. Diare, disentri
  5. Infeksi akut saluran kencing
  6. Patah tulang ( fraktur )
  7. Keputihan ( leukorea )
  8. Kanker : korioepitelioma, koriokarsinoma, kanker nasofaring, kanker paru, dan kanker saluran cerna.
  9. Perdarahan seperti mimisan, muntah darah, batuk darah, berak darah.

Cara Pemakaian

Ambil herba cakar ayam yang sudah di keringkan kurang lebih 15 – 30 g, untuk kanker 50 – 100 g. bahan-bahan tersebut selanjuntya di rebus dalam 5 gelas air dengan api kecil selama 3 – 4 jam. Setelah dingin, air rebusan tersebut dapat diminum beberapa kali sampai habis dalam satu hari. Khusus untuk pemakaian luar herba segar di pipis, lalu ditempelkan ke bagian tubuh yang sakit. Digunakan untuk pengobatan koreng, rematik, luka berdarah dan patah tulang.

Efek Farmakologi dan Hasil Penelitian

Dari hasil riset menunjukkan bahwa pemakaian herba ini dapat menghambat sarcoma, dan kankaer serviks pada tikus dan sel L, yang di isolasi dari kanker hati manusia, menstimulasi fungsi adrenokortikal tikus, sekaligus merangsang metabolism dan fungsi retikuloendotelial.

Contoh Pemakaian :
  • Pneumonia, Tonsilitis akut, konjungtivitis – herba cakar ayam yang sduah kering sebanyak 30 gram, daging sapi tanpa lemak sebanyak 30 gram, kedua bahan tersebut di rebus dengan menggunakan air sebanyak 4 gelas dengan api kecil lebih kurang 3 jam.  Setelah dingin jangan lupa di saring terlebihd ahulu dan di bagai untuk 3 kali minum, yakni pagi, siang dan sore hari.
  • Kanker, Sirosis Hepatis – herba cakar ayam kering, 60 gram, daging sapi tanpa lemak 30 – 60 gram atau beberapa buah kurma, selanjutnya di rebus dengan 5 gelas air bersih selama 4 jam. Disaring beberapa kali sehari hingga habis dalam sehari.
  • Patah Tulang – gunakan herba kering cakar ayam sebanyak 15 – 30 g direbus, lalu di minum. Untuk pemakaian luar gunakan herba cakar ayam yang masih segar, jangan lupa di cuci terlebihd ahulu kemudian di pipis, tempelkan ke bagian tubuh yang mengalami patah kemudian di balut dengan kain steril. Ganti 3 kali sehari.
  • Rematik – ambil herba cakar ayam yang masih segar seperlunya, kemudian di pipis dan di tempelkan ke bagian yang sakit, sambil di balut. Lakukan penggantian 2 – 3 kali sehari.

Catatan :
Tanaman herba ini sudah di kemas dan dibuat dalam bentuk larutan infus, tablet, dan obat rematik di jual dengan merek dagang Decancerlin.