Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Obat Herbal Diabetes Gratis dan Mudah di Peroleh

Obat Herbal Diabetes – Metode pengobatan diabetes dengan menggunakan obat-obat herbal saat ini cenderung meningkat dan banyak di lirik masyarakat sebagai metode alternatif untuk mengobati penyakit kencing manis, dan banyak diantara mereka yang telah sembuh dan membuktikan bahwa ternyata penyakit diabetes dapat di cegah dan diobati dengan obat-obatan herbal. Disamping itu, obat herbal diabetes atau Obat Diabetes Alami umumnya relatif lebih aman digunakan karena bahan-bahan yang digunakan merupakan bahan alami, bukan kimia atau sintetis, juga bahan-bahannya mudah di dapatkan dan dapat diolah dengan mudah di rumah, benar bukan?

6 Obat Herbal Diabetes Gratis dan Mudah di Peroleh


Definisi Singkat Penyakit Diabetes
Diabetes Mellitus (DM), di Indonesia lebih populer dengan istilah penyakit kencing manis, atau penyakit gula. Penyakit diabetes mellitus merupakan bentuk kelainan metabolik yang umumnya di pengaruhi oleh banyak faktor, antara lain kurangnya insulin di dalam tubuh, ketidakmampuan tubuh untuk mengolah dan memanfaatkan insulin ( Insulin Resistance ). Kondisi ini biasanya di ikuti dengan beberapa gejala berupa hiperglikemia kronis (kadar gula darah meningkat diatas normal), gangguan metabolism karbohidrat, lemak dan juga protein, sebagai akibat lanjutan dari defisiensi sekresi hormon insulin, defisiensi transporter glukosa, atau bisa juga keduanya.( sumber, Wikipedia)

Bagaimana Mengenali Gejala Diabetes?
Bagi masyarakat umum, tanda dan gejala penyakit kencing manis dapat di identifikasi dengan gejala-gejala klasik ini, seperti turunnya berat badan, sering kencing (polyuria), sering merasa haus (polydipsia), dan polyphagia (sering lapar ), beberapa gejala non-spesifik lainnya bisa menjadi gejala tambahan diabetes diantaranya pandangan kabur, sakit kepala, luka lambat sembuh, gatal-gatal dan fatigue. Mata kabur sebagai akibat hiperglikemia kronis sehingga terjadi penyerapan glukosa pada lensa mata yang mempengaruhi perubahan bentuk dan ketajaman penglihatan.

Mengenal Bahaya Diabetes
Tahukah Anda bahwa penyakit diabetes akan membawa dampak yang sangat berbahaya dan akan menimbulkan komplikasi (kerusakan organ sekaligus) jika tidak segera di dobati, diantaranya penyakit kardiovaskuler, gagal ginjal kronis ( penyebab dialysis ), kerusakan retina sehingga menyebabkan kebutaan, kerusakan pembuluh darah, kerusakan saraf, gangren dengan resiko amputasi.

Menurut Balitbangkes Kemkes RI, presentase kemungkinan komplikasi pada penderita penyakit diabetes mellitus, dapat dilihat sebagai berikut:
  • 50,9 % Mengalami penurunan fungsi se***al
  • 30,6% Refleks tubuhnya terganggu
  • 29,3% Retinanya terganggu ( retinopati diabetic ).
  • 16,3% Mengalami katarak awal ( lebih cepat terjadi ),dan lebih lanjut dijelaskan bahwa 50 % penderita diabetes akan meninggal karena enyakit kardiovaskuler, mengerikan bukan?

6 Obat Herbal Diabetes dan Petunjuk Penggunaannya

Sebelum Anda menggunakan resep herbal diabetes berikut ini, beberapa hal perlu diperhatikan agar pengobatan memberikan hasil sesuai harapan. Pertama, niatkan dan yakinkan diri Anda menggunakan obat herbal diabetes ini akan membuat Anda sembuh dari penyakit Diabetes yang di derita. Kedua, Selalu sabar menjalani proses pengobatan dan ikuti petunjuk penggunaa obat herbal diabetes dengan benar. Ketiga, Selalu berserah diri kepada Allah SWT, agar di berikan kesembuhan dari penyakit yang di derita. Nah, beberapa resep obat herbal berikut ini semoga menjadi perantara kesembuhan Anda:

1.Kunyit

Tentu tidak heran lagi jika kunyit memiliki khasiat untuk mengobati berbagai penyakit akut maupun kronis seperti diabetes, obat herbal ini juga sangat baik untuk menyembuhkan penyakit diabetes, dan secara empiris sudah sejak lama kunyit digunakan sebagai alternatif pengobatan diabetes, berikut bahan dan cara membuat ramuannya:
  • Gunakan satu rimpang kunyit yang telah di kupas kulitnya, memarkan terlebih dahulu, dan  jangan lupa tambahkan setengah sendok garam dapur. 
  • Kunyit yang sebelumnya sudah di campur dengan garam di rebus dalam satu liter air hingga mendidih.Saring air rebusan tersebut, dan dinginkan.
  • Gunakan setengah gelas air rebusan kunyit setiap kali minum.
  •  Minum secara rutin air rebusan kunyit 2 kali setiap minggunya.

2.Buah Mengkudu

Senyawa kimiawi proxeroni yang terdapat di dalam buah mengkudu akan membentuk alkaloid yang memiliki peranan penting membuka pori-pori sel, sehingga memudahkan penyerapan nutrisi ke dalam tubuh dan akan memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak termasuk sel-sel di organ pancreas, inilah yang membuat buah mengkudu cukup direkomendasikan sebagai herbal alternatif untuk diabetes, berikut caranya:
  • Gunakan 1 buah mengkudu yang sudah  cukup matang, jangan lupa di cuci dengan air bersih.
  • Selanjutnya buah mengkudu di blender, kemudian ambil airnya saja, pisahkan ampasnya.
  • Masukkan ekstrak atau air dari buah mengkudu ke dalam gelas.
  • Anda dapat meminumnya beberapa kali dalam seminggu, jika Anda tidak tahan dengan rasa dan aromanya, tambahkan sedikit madu.

3.Buncis

Kandungan B-sitosterol dalam sayur buncis memiliki fungsi penting untuk mempercepat produksi insulin di dalam tubuh sekaligus mempertahankan agar kadar insulin tetap normal. Jadi buncis cukup efektif terutama untuk obat herbal diabetes kering, namun perlu diingat bahwa cara mengolah sayuran buncis juga harus diperhatikan, agar khasiatnya sebagai penurun kadar gula dalam darah tidak hilang, berikut caranya :
  • Gunakan setengah kilogram buncis yang telah di cuci bersihRebus buncis dengan 2 gelas air, biarkan hingga mendidih
  • Kemudian angkat buncis dan dimasukkan ke dalam gelas
  • Gunakan ramuan tersebut pagi dan malam menjelang tidur. 
  • Bisa juga buncis di jadikan sebagai lalapan mentah, atau di jus dengan catatan tidak boleh di tambahkan gula atau sejenisnya, walau hanya sedikit.

4.Brotowali

Tanaman brotowali sudah dikenal sejak dulu sebagai tanaman obat herbal, rasanya yang benar-benar pahit menjadi ciri khas dari brotowali, khasiatnya cukup beragam dan ampuh mengobati berbagai keluhan penyakit, termasuk untuk menurunkan gula darah pada penderita penyakit diabetes, berikut caranya:
  • Gunakan herba atau batang tanaman brotowali kurang lebih ukurannya sebesar jari atau 10 cm.
  • Kombinasikan 1 genggam akar pohon pepaya dan rebus kedua bahan tersebut hingga mendidih, kemudian dinginkan
  •  Gunakan air rebusan tersebut (diminum) , gunakan beberapa kali seminggu.

5.Daun Kemangi

Daun kemangi sering di jadikan lalapan saat makan bersama sambal ( nasi pecel lele ), Anda pernah mencobanya? Nikmat bukan? Namun tahukah Anda ternyata kemangi menyimpan sejuta khasiat untuk mengobati penyakit lho, salah satunya adalah kandungan zat yang terdapat di dalam  kemangi mampu menstabilkan gula darah dalam tubuh, caranya gampang cukup digunakan sebagai lalapan saat makan, jangan lupa di cuci sebelum digunakan.

6.Herba Mahkota Dewa

Mahkota dewa sangat populer sebagai tanaman obat berkhasiat, dan banyak di cari orang karena banyaknya khasiat yang terkandung dalam tanaman ini, salah satunya adalah untuk mengobati penyakit kencing manis atau penyakit gula, lihat caranya:
  • Ambil 3-5 potong tangkai tanaman herba mahkota dewa.
  • Tambahkan dengan 3 helai daun salam yang telah di cuci hingga bersih.
  • Selanjutnya, direbus menggunakan 3 gelas air hingga mendidih, dan biarkan hingga airnya tinggal ½ gelas.
  • Minum air hasil rebusan herba mahkota dewa rutin setiap hari agar penyakit diabetes Anda dapat dikendalikan (sembuh).
Demikian 6 Obat Herbal Diabetes Paling Ampuh yang dapat Anda jadikan referensi untuk mengendalikan dan mengobati penyakit diabetes, tetap ikhtiar dan berdoa agar Anda mendapatkan kesembuhan dari berbagai penyakit. Semoga