Kenali 12 Khasiat Buah Apel Untuk Kesehatan

Kenali 12 Khasiat Buah Apel Untuk Kesehatan - Apel merupakan salah satu jenis buah yang bisa langsung dimakan tanpa perlu mengupas kulitnya. Apel Indonesia yang terkenal berasal dari kota malang, Jawa Timur, dan Gunung Pangrango, Jawa Barat. Daun apel sangat mirip dengan daun tumbuhan bunga mawar. Berbentuk bulat telur dan dihiasi gerigi-gerigi kecil pada tepiannya. Pada usia produktif, apel biasanya akan berbunga pada sekitar bulan Juli. Buah apel berukuran macam-macam tersebut sebenarnya merupakan bunga yang membesar atau mengembang sehingga menjadi buah yang padat dan berisi.

12 Khasiat Buah Apel Buat Kesehatan Anda

Kandungan

Selain mengandung senyawa pektin, dalam 100 gr apel terdapat zat-zat gizi, antara lain 58 kalori, hidrat arang 14,9 gr, lemak 0,4 gr, protein 0,3 gr, kalsium 6 mg, fosfor 10 mg, besi 0,3 mg, vitamin A 90 SI, vitamin B1 0,004 mg, vitamin C 5mg, dan air 84%.

Khasiat

Apel mempunyai 12 khasiat yang dapat digunakan sebagai pengobatan alternatif, beberapa khasiatnya dapat dilihat sebagai berikut.
  1. Mencegah berbagai penyakit mulai dari influenza, diare, kanker, serangan jantung hingga stroke.
  2. Menurunkan kadar gula dalam darah, kolesterol darah, kencing manis, jantung koroner, dan melindungi bayi dari penyakit asma.
  3. Menjaga denyut jantung tetap teratur dan normal.
  4. Mengaktifkan kontraksi otot.
  5. Melancarkan peredaran zat gizi ke sel-sel tubuh.
  6. Mengendalikan cairan dalam jaringan sel.
  7. Mengatur tekanan darah.
  8. Kulit apel mempercepat perjalanan sisa makanan melintasi saluran pencernaan.
  9. Daging apel membuat perut kenyang lebih lama sehingga cocok untuk sumber energi bagi yang sedang menjalani program diet.
  10. Apel malang bisa dipakai untuk obat batuk, penghancur batu ginjal, melancarkan pencernaan, detoksifikasi,d an mengatasi peradangan.
  11. Mampu sembuhkan influenza, infeksi, dan melindungi mata dari kebutaan.
  12. Meningkatkan sistem imunitas tubuh.

Ramuan

Bagi Anda yang menderita diabetes, bisa mencoba ramuan dari apel. Caranya belahlah buah apel menjadi 2 bagian, lalu direbus dengan air 3-4 gelas sampai mendidih hingga tersisa 2 gelas. Air tersebut kemudian diminum setiap pagi dan sore secara rutin untuk hasil yang optimal.