Kenali Manfaat Buah, Daun dan Minyak Zaitun

Kenali Manfaat Buah, Daun dan Minyak Zaitun
Kenali Manfaat Buah, Daun dan Minyak Zaitun - Tahukah Anda bahwa buah zaitun telah tumbuh sejak 8000 tahun lampau tepatnya di kawasan Mediterania, sudah lama banget ya ! buah zaitun berasal dari pohon yang dikenal dengan nama Olea Europeae yang dapat hidup dan tumbuh hingga bertahun-tahun.
Orang cenderung mengomsumsi buah zaitun sebagai salad atau topping pizza, dan yang lebih banyak digunakan orang adalah minyak zaitun dimana minyak ini sudah terkenal dan banyak digunakan untuk berbagai keperluan seperti kecantikan dan kesehatan secara umum.

Unsur-unsur Buah Zaitun

Buah zaitun mengandung 67% air, 23% minyak, dan 5% protein, serta 1% garam mineral, terutama garam kalsium dan zat besi. Buah ini juga mengandung minyak sehingga mengandung pula unsur-unsur vitamin A dan D, kedua vitamin tersebut biasanya terdapat pada minyak. Zaitun termasuk buah yang memiliki fungsi kesehatan, karena mengandung vitamin B dan C.

Minyak Zaitun

Minyak zaitun kaya akan unsur mineral dan unsur-unsur yang jarang lainnya. Zaitun tergolong minyak yang tidak jenuh atau tidak banyak mengandung lemak (trigliserida) dibandingkan dengan minyak biji kapas atau minyak linen dan minyak rami.

Oleh sebab itulah minyak zaitun lebih banyak digunakan untuk membuat beberapa jenis makanan dibanding dengan jenis minyak lainnya, karena minyak ini tidak banyak mengandung lemak lainnya. Di samping itu juga, minyak jenis ini dapat memelihara tubuh dari hal yang tidak baik, seperti kelebihan lemak yang bisa menyebabkan sejumlah penyakit. Misalnya, penyakit penebalan dinding pembuluh nadi (aterosklerosis), meningkatnya tekanan darah, nyeri dada, dan penyakit-penyakit yang disebabkan oleh timbunan lemak.

Menfaat Minyak Zaitun Menurut Ilmu Kedokteran

Minyak zaitun memiliki sifat dan ciri khas dengan warnanya yang kuning pucat yang cenderung kehijau-hijauan, memiliki aroma yang khas, dan tidak mudah basi, luar biasa bukan?

Minyak zaitun sangat lembut. Minyak ini bisa menyembuhkan penyakit kuning, memecahkan batu ginjal, meningkatkan produksi air empedu, dan menyembuhkan penyakit gula. Oleh karena itu, dianjurkan meminum 2 sendok minyak zaitun  satu kali di pagi hari dan satu kali di sore hari sebelum beranjak tidur. Boleh juga ditambah dengan air jeruk nipis ke dalamnya. Untuk mengobati penyakit persendian, infeksi syaraf, juga pembengkakan pada persendian, dengan cara dibuat obat gosok di campur dengan beberapa butir bawang putih lalu dimasukkan ke dalam 200 gr minyak zaitun. Setelah direndam  selama 2-3 hari, ramuan ini digosokkan beberapa kali pada bagian yang terasa nyeri dan sakit.

Minyak zaitun juga digunakan untuk memelihara kecantikan kulit dan menghilangkan kerutan di wajah dan leher. Yaitu, dengan melumuri wajah dan leher dengan ½ sendok kecil minyak zaitun yang dicampur  dengan kuning telur dan beberapa tetes air jeruk nipis. Atau yang lebih dikenal dengan istilah masker. Setelah kira-kira 1/3, bagian ini dibilas dengan air hangat-hangat kuku.

Minyak zaitun pun bisa digunakan sebagai minyak tubuh untuk melindungi dari sengatan matahari.
Minyak zaitun juga bisa digunakan untuk mengobati rambut rontok, yaitu dengan cara memijat-mijat kulit kepala dengan minyak setiap sore, lalu ditutup  pada malam hari, dan dibilas pada pagi hari. hal ini dilakukan selama 10 hari berturut-turut.

Juga untuk mengobati pecah-pecah pada kulit tangan dan kaki, yaitu dengan cara mencampur minyak zaitun dan gliserin dalam takaran yang sama.

Manfaat Buah Zaitun

Buah zaitun memiliki rasa yang enak dan baik untuk dikomsumsi orang de*wa*sa maupun anak kecil. Berbagai referensi kedokteran tidak menyebutkan secara rinci unsur-unsur yang terdapat dalam buah zaitun ini.

Diantara manfaat buah zaitun dalam dunia kedokteran adalah dapat menguatkan lambung, meningkatkan selera makan, dan menyembuhkan penyakit liver.

Manfaat Daun Zaitun

Apabila dikunyah, daun zaitun dapat menyembuhkan radang gusi dan tenggorokan. Apabila dihancurkan dan dijadikan jus, daun ini bisa berfungsi  mencegah terjadinya peradangan. Apabila ditumbuk dan dihaluskan, air atau patinya dapat berguna untuk mengobati bisul dan luka, karena ramuan ini mengandung unsur-unsur yang memberi keseimbangan  sekaligus membersihkan.

Mungkin juga digunakan untuk suntikan urus-urus (enema) bagi penderita luka pada lambung.