Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kandungan Gizi Buah Delima dan Manfaatnya

Kandungan Gizi Buah Delima dan Manfaatnya - Buah delima atau biasa juga dikenal dengan naman pomegranate dengan dominasi warna merah cerah, buah delima memiliki tampilan yang cantik dan tampak segar. Buah ini sangat familiar karena kandungan gizi dan nutrisi yang terdapat di dalamnya sangat kompleks sehingga sangat wajar kalau buah ini memiliki banyak manfaat, dan banyak digunakan sebagai obat antioksidan, anti penuaan dini, dan sebagai anti inflamasi (anti radang) yang alami.

Kandungan Gizi Buah Delima dan Manfaatnya

Kandungan Gizi Buah Delima dan Manfaatnya

Buah delima mengandung asam tanik atau tannik acid. Asam ini merupakan unsur pengontrol. Unsur ini juga terdapat di dalam buahnya. Disamping unsur-unsur pengontrol, air buah delima juga mengandung gula mentol dan jenis gula lainnya. Selai itu, buah ini juga kaya akan unsur besi. Jus (air) buah delima kaya akan unsur-unsur gula  dan unsur besi dimana kedua unsur ini sangat penting untuk pembentukan sel darah merah, oleh karena itu, ia sangat bermanfaat bagi mereka yang kekurangan darah (anemia).
Untuk lebih lengkapnya, berikut ini beberapa manfaat buah delima untuk kesehatan Anda
  • Kulit buah delima bisa digunakan untuk mengobati diare dan ambeien.
  • Air buah delima bisa digunakan untuk menyembuhkan pilek ataumenghilangkan penyumbatan pada hidung, misalnya saat demam.
  • Adapun gilnar yang merupakan bunga dari buah delima, apabila dididihkan dapat bermanfaat untuk mengobati masalah pada gusi.
  • Ramuan ini juga baik untuk membersihkan cacing. Apabila potongan-potongan akar delima di didihkan sebanyak 60 gram dalam satu liter air lebih kurang ¼ jam lalu diminum setiap hari, maka ia dapat menghilangkan cacing pita. Disarankan untuk di barengi dengan minuman pencahar.
  • Buah delima sangat baik untuk pencernaan dan dapat menguatkannya. Berguna untuk tenggorokan, dada dan paru-paru, sangat baik untuk mengobati batuk dan melancarkan buang air kecil, menghilangkan panas pada hati, rasa asamnya sangat bermanfaat untuk radang pencernaan. Apabila daging buah ini dikeluarkan lalu dimasak sebentar saja dan ditambahkan dengan madu, akan dapat digunakan sebagai obat gosok, celak untuk mata yang kuning, menghilangkan kelembaban yang berlebihan. Dan apabila dioleskan pada gusi, ramuan diatas dapat membersihkan gusi, selain itu biji delima dan madu dapat digunakan untuk mengobati luka di sekitar kuku atau pada luka yang bernanah.
  • Kulit buah dan bunga delima mampu menghentikan perdarahan (hemostatis)
  • Sebagai peluruh cacing usus (vermivuga) serta obat anti virus
  • Kulit kayu dan akar delima berkhasiat untuk memperlancar keluarnya flatus (buang angin)
  • Bijinya berkhasiat meredam demam, melumaskan paru-paru, dan meredakan paru, serta sebagai antitoksik. 
Cara Memmbuat Ramuan 

Mengobati Kecacingan
Cuci 7 gram akar delima yang telah dikeringkan, lalu potong-potong seperlunya. Rebus dengan  segelas air selama 15 menit.Setelah dingin, saring dan minum airnya.

Mengatasi Radang Gusi
Cuci 7 kuntum bunga delima dengan air bersih, lalu rebus dengan 1 gelas air bersih sampai mendidih. Setelah dingin, saring dan gunakan untuk kumur-kumur.

Menghentikan Perdarahan
Rebus 20 gram bunga delima dengan 3 gelas air bersih sampai tersisa separuhnya. Minum air rebusan 2 kali sehari, masing-masing 1/4 gelas.

Mengobati Luka
Campurkan serbuk kulit buah atau bunga delima secukupnya dengan minyak wijen. Aduk merata, lalu oleskan pada bagian yang luka.

Meredakan Sariawan
Ambil isi dan biji 2 buah delima segar yang sudah masak, kemudian tumbuk sampai halus. Tambahkan 1 gelas air sambil diaduk merata, lalu saring. Gunakan airnya untuk berkumur, lalu telan. lakukan 2 hingga 3 kali sehari sampai sembuh.

Mengurangi Beser ( Sering Kencing )
Ambik isi 1 buah delima yang masih segar dan masak, 1 genggam kucai, lalu potong-potong seperlunya. Rebus dengan 3 gelas air bersih sampai tersisa separuhnya. Setelah itu, angkat dan dinginkan. Minum air rebusan 2 kali sehari, masing-masing 3/4 gelas.

Mengatasi Keputihan
Rebus 30 gram kulit delima kering dan 15 gram sambiloto kering dengan 1 liter air bersih. Biarkan sampai air rebusannya tersisa separuh. Setelah dingin, saring dan minum 3 kali, pagi siang dan malam. Air rebusan ini juga dapat digunakan untuk membersihkan organ kewanitaan. khusus wanita yang sudah menikah gunakan dengan alat semprot sehingga bisa masuk ke organ intim wanita.

Mengobati Batuk Berkepanjangan
Ambil 1 buah delima yang belum masak, lalu kunyah biji delima tersebut setiap malam. Setelah dikunyah, buang bijinya.

Catatan:
  • Konon, delima putih mengandung alkaloid yang paling banyak daripada jenis delima lain,s ehingga lebih disukai untuk pengobatan.
  • Wanita hamil dan anak-anak jangan menggunakan tumbuhan obat ini.
  • Karena pelletierine dan isopelletieriene yang terdapat pada kulit kayu dan kulit akarnya, sangat beracun, maka penggunaan ekstraks kulit kayu dan kulit akar delima harus diawasi oleh herbalis berpengalaman.