Kenali Manfaat Buah Tin Untuk Kesehatan Anda

Mengenal Buah Tin dan Manfaatnya - Tin atau Ara (Ficus carica L.) adalah sejenis tumbuhan penghasil buah-buahan yang dapat dimakan yang berasal dari Asia Barat. Buahnya bernama sama. Nama "Tin" diambil dari bahasa Arab, juga dikenal dengan nama "Ara" (buah ara / pohon ara) sedangkan dalam bahasa Inggris disebut fig (common fig; "pohon ara umum"), sebenarnya masih termasuk kerabat pohon beringin dari dari genus yang sama, yaitu Ficus. ( dikutip dari wikipedia ).

Unsur-unsur yang terdapat di dalam buah tin diantaranya unsur gula dalam kadar yang sangat tinggi. Buah tin juga mengandung garam utama yang terpenting diantaranya adalah kalsium, fosfor, besi, dan juga sejumlah vitamin seperti vitamin A dan B. Tapi dalam buah tin hanya mengandung vitamin C dan selain itu juga mengandung vitamin K yang berguna untuk proses pembekuan darah pada kasus pendarahan.
Kandungan gizi buah tin sangat tinggi oleh karena buah ini mengandung kadar gula yang tinggi dan juga kalsium dan zat besi.

Jika ditinjau dari ilmu kedokteran buah dan daun tin ternyata memiliki banyak manfaat bagi kesehatan lho, beberapa diantaranya dapat dilihat berikut ini

Mengobati Sembelit/ Sulit BAB

Bagi yang mengalami masalah konstipasi, sembelit atau susah buang air besar, dapat menggunakan buah tin dengan cara seduhlah 3 sampai 4 butir tin kering di dalam gelas yang telah diisi dengan air dingin pada sore hari, diamkan semalaman dan pada pagi hari buah ini dimakan dan airnya juga diminum, cara lainnya dapat dimasak, ambil 3 hingga 4 buah tin yang masih segar yang telah dipotong-potong dalam sebuah wadah yang berisi susu atau yoghurt ditambah dengan 12 butir kismis, lalu diminum pada pagi hari.

Mengobati Penyakit Usus dan Gangguan Pada Lambung

Gunakan 6 sampai 7 buah tin kering yang telah dipotong-potong sebelumnya, lalu rendam ke dalam minyak zaitun, yang dicampur dengan beberapa potong jeruk nipis, lalau biarkan selama satu malam penuh. Untuk kemudian potongan-potongan buah ini bisa dimakan beserta airnya pada pagi harinya.

Mengobati Luka dan Bisul

Bagi Anda yang sering menderita bisul, buah tin cocok untuk Anda gunakan sebagai ramuan alami untuk mengobati penyakit bisul ataupun untuk menyembuhkan luka. Caranya sangat mudah yakni dengan cara membalutkan buah tin yang kering dan telah didihkan dengan susu, dimana pendidihan ini bertujuan untuk memecah buah tin yang kering agar terbuka bagian dalamnya secara menyeluruh. Didihkan selama beberapa menit dengan susu biasa. Setelah dingin tutuplah luka dengan ramuan ini dan letakkan bagian dalam buah tin tepat pada diatas luka, lalu ikat dengan kain atau perban steril dan ganti balutan minimal 3 hingga 4 kali sehari.

Untuk Haid Yang Tidak Teratur

Bagi wanita usia subur, tentu haid yang tidak teratur menjadi masalah dan jika tidak diobati dengan cepat, bisa saja menimbulkan gangguan lain sehingga fungsi reproduksi akan terganggu secara permanen. Untuk itu bagi Anda yang mengalami gangguan pada haid, di sarankan untuk menggunakan daun tin sebagai ramuan untuk mengatasi gangguan haid pada wanita. Caranya didihkan daun tin kurang lebih 25-30 lembar dalam satu liter air, kemudian diminum secara teratur. Ramuan ini juga baik untuk mengobati batuk, menghilangkan bau mulut (pencuci mulut), dan menyembuhkan peradangan pada gusi.

Ternyata buah dan daun tin banyak manfaatnya ya bagi kesehatan kita, utamanya untuk sembelit, penyakit usus dan lambung, luka, bisul, serta gangguan haid dan sebagainya. Untuk Anda yang memiliki penyakit kronis sebaiknya konsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum menggunakan ramuan ini. Salam Natura Herbal