Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Khasiat Tanaman Belalang Madu Cina

Zao Jia atau dalam bahasa Indonesia biasa di sebut Tanaman Belalang Madu Cina. Gleditsia sinensis adalah spesies tanaman berbunga asli Asia yang ada di Beijing Cina. Gleditsia sinensis ekstrak etanol bisa menjadi alat terapi yang efektif untuk pengobatan asma yang disebabkan oleh alergi.


Rasa dari herbal ini tajam, pahit, dan suhunya hangat. Kandungan bahan kimia di dalamnya, yaitu antialergic dan saponic yang menunjukkan aktivitas antibakteri terhadap bakteri gram-positif xanthomonas vesicatoria dan bakteri gram-negatif bacillus subtilis. Sebuah asam dasar lupan di ekstrak dari duri menunjukkan in vitro aktivitas anti-HIV. Bekerja pada bagian tubuh seperti apru-paru, perut dan usus besar.

Mampu mengobati dahak dingin, sulit bernapas, batuk, mengi, dahak lengket berlebihan, pembengkakan, bisul, kejang, sembelit, menghilangkan racun dan desinfektan benjolan, borok (penggunaan eksternal), digunakan dalam bentuk supositoria untuk mengobati cacing gelang.

Bagian yang digunakan rimpang kering. Dosis 2-6 gram, standar 3 gram dimasak selama 20 menit.

Efek fisiologis/farmakologi herbal dapat membangun larut dan kompleks larut dengan zat lainnya, karena itu menggunakan dengan hati-hati dalam kombinasi dengan obat lain yang dapat menghambat serapan, menimbulkan asam lambung dan sekresi bronkial, ekspektoran, dalam aksi vitro antibiotik. Berisi triterpensaponins. Kontra indikasi yaitu keracunan, overdosis, atau dalam pengobatan jangka panjang dapat menyebbakan mual dan diare, lekas marah, lemah tungkai, rasa penuh pada epigastrium, SSP dan depresi pernapasan, seharusnya hanya digunakan untuk mengobati kasus akut. Dipergunakan terutama dalam bentuk pil atau bubuk. Penggunaan selama kehamilan dilarang.