Resep Alami Obati Batuk Berdahak

Batuk berdahak atau biasa juga disebut dengan batuk berlendir. Dahak sebenarnya berwarna putih, dan kadang-kadang juga dahaknya berwarna putih, dahak seperti ini biasanya pada saat-saat penyembuhan. Tapi bisa juga dahak berwarna kuning mengindikasikan adanya infeksi bakteri, infeksi saluran pernapasan bawah, sinusitis, dan flu. Nah, jika dahak Anda berawna hijau menandakan kondisi yang serius, karena menunjuk pada pneumonia, TBC dan sebagainya. Batuk berdahak yang disertai dengan darah menunjukkan bahwa ada kerusakan kecil pada jaringan sinus dan rongga hidung.

Resep Alami Obati Batuk Berdahak

Resep Alami Obati Batuk Berdahak


Batuk berdahak dapat disebabkan oleh iritasi alergi, seperti debu, bulu hewan peliharaan, asap kimia, dan sebagainya. Selain itu bisa juga disebabkan penyakit parah seperti, pneumonia, asma, gagal jantung akut, atau emboli paru ( bekuan di pembuluh darah paru-paru ) yang dapat menyebabkan batuk berdahak selama 3 minggu. Mero*kok juga bisa menyebabkan batuk dahak yang berwarna hijau berkarat coklat kuning bernoda darah atau berbau busuk.

Tanaman herbal yang efektif meredakan batuk berdahak ini adalah jahe. Jahe dapat dimanfaatkan untuk menghangatkan hidung. Rasa hangat yang terdapat pada jahe berasal dari minyak atsiri yang terkandung didalamnya. Minyak atsiri merupakan senyawa volatil atau mudah menguap. Minyak inilah yang membuat jahe memiliki rasa khas. Minyak atsiri dalam jahe merupakan gabungan dari senyawa terpenoid yang terdiri dari senyawa-senyawa seskuiterpena, zingiberena, bisabolena, sineol, sitral, dan zingiberal.

Jahe, Kunyit dan Jeruk Nipis Resep Alami Obati Batuk Berdahak


Berikut ini resep racikan ramuan alami yang efektif meredakan batuk berdahak atau batuk berlendir.

Bahan :
  • 2 sdm air perasan jahe.
  • 2 sdm air perasan kunyit.
  • 1 sdm air perasan jeruk nipis.
  • 1 sdm madu murni.

Cara Membuat Racikan :
  1. Campurkan seluruh bahan ke dalam gelas.
  2. Aduk hingga merata.
  3. Sajikan ramuan dalam 1 gelas untuk sekali minum.
  4. Minum ramuan ini secara rutin 3 kali sehari sampai sembuh.