Benarkah Kencur Berkhasiat Sembuhkan Batuk?

Salam buat semua pembaca setia http://obatnaturals.blogspot.com, ini merupakan posting perdana di awal tahun 2016, dan admin ingin memberikan apresiasi kepada pembaca kami yang tetap setia dengan update-update kami seputar tanaman obat tradisional sebagai pilihan alternatif untuk selalu hidup sehat dan bugar. Kami mendoakan semoga Anda semua beserta keluarga selalu diberikan kesehatan. Amiin Ya Rabb.

Pada update kali ini mengambil tema “Benarkah Kencur Berkhasiat Sembuhkan Batuk?” Untuk menjawab pertanyaan diatas silahkan simak lebih lanjut ya!


Batuk sering dianggap keluhan kesehatan ringan. Sebagian orang mengatasi keluhan batuk ini dengan cara mengomsumsi obat-obatan kimia baik yang dijual bebas maupun dengan menggunakan resep dokter. Ada pula yang menganggap bahwa dengan mengomsumsi obat batuk kimia akan menyebabkan ketergantungan, saat tidak minum obat keluhan batuk akan muncul kembali. Tidak semua orang mampu mengenali penyebab batuknya, karena batuk bisa merupakan gejala dari berbagai penyakit, khsusunya di saluran pernapasan.

Batuk dapat terjadi akibat stimylasi tertentu, misalnya adanya debu  di reseptor batuk ( saluran pernapasan, hidung dan telinga ). Lalu, reseptor akan mengalirkannya melalui syaraf ke pusat batuk yang berada di bagian otak. Selanjutnya, reseptor batuk akan memberi sinyal kepada otot-otot dalam tubuh yang bertujuan untuk mengeluarkan benda asing tersebut, melalui suatu proses yang disebut batuk.

Batuk dapat disebabkan oleh berbagai hal, misalnya karena infeksi saluran pernapasa bagian atas ( ISPA ) yang merupakan gejala flu, alergi, asma, tersedak, menghirup asap ro*kok dan sebagainya. Tanaman Obat Tradisional yang tepat untuk membantu penyembuhan batuk salah satunya dalah kencur. Kencur dengan ditambah daun sirih akan semakin efektif dalam mengatasi batuk. Di dalam Tanaman Obat Kencur terdapat beberapa senyawa kimia diantaranya mineral, minyak atsiri, pati, asam metil kanil, asam cinnamic, penta dekaan, dan ethyl aster. selain itu, kencur juga mengandung borneol, kamphene, asam anisic, paraeumarin, alkaloid dan gam. Baca juga: Segudang Manfaat Kencur

Berikut ini resep dan cara meramu tanaman obat kencur untuk membantu meredakan batuk Anda.

Bahan :
  • Gula batu secukupnya.
  • 7 lembar daun sirih.
  • 30 gr kencur.
  • 600 cc air.

Cara Meracik Ramuan
  1. Cuci bersih semua bahan yang telah disiapkan sebelumnya.
  2. Potong-potong daun kencur, lalu campurkan dengan 7 lembar daun sirih.
  3. Rebus dengan air 600 cc hingga air tersisa 300 cc ( separuhnya ).
  4. Sajikan ramuan ini dalam 2 gelas untuk 2 kali minum.
  5. Minum ramuan tanaman obat herbal tersebut 2 kali sehari sampai batuk Anda benar-benar sembuh.

Jadi Benarkah Kencur Berkhasiat Sembuhkan Batuk? Jawabannya iya karena  adanya minyak atsiri, pati, asam metil kanil, asam cinnamic, penta dekaan, dan ethyl aster, borneol, kamphene, asam anisic, paraeumarin, alkaloid dan gam yang memiliki fungsi sebagai antitusif dan zat pereda batuk