Khasiat Daun Jarak Untuk Penyakit Cacar Air

Khasiat Daun Jarak Untuk Penyakit Cacar Air
Khasiat Daun Jarak Untuk Penyakit Cacar Air - Cacar air adalah salah satu penyakit yang kerapkali menyerang kulit dan sangat mudah menular. Penyakit ini ditandai dengan demam, pilek, dan kondisi tubuh yang lemah. Selanjutnya, akan muncul bintik-bintik merah di sekitar dada, perut, punggung, dan kemudian menyebar ke muka dan bagian tubuh lainnya. Beberapa lama kemudian bintik merah akan berubah menjadi gelembung berisi air.

Infeksi virus ini akan menyerang setiap orang, tanpa pandang bulu, anak-anak atau orang dewasa yang belum pernah terkena cacar air. Namun, jika seseorang sudah mengalami cacar air, tubuhnya akan kebal serangan infeksi virus ini. Gejala penyakit ini pada anak akan lebih ringan dan kesembuhan akan lebih cepat. Sedangkan pada orang dewasa infeksi ini bisa menjadi berat, baik gejala maupun penyembuhannya. Jadi lebih baik terkena cacar air saat masih anak-anak daripada setelah dewasa.

Tanaman obat yang efektif untuk membantu dan mempercepat penyembuhan cacar air salah satunya adalah daun jarak. Di dalamnya mengandung berbagai senyawa kimia seperti nicotiflorin, kaempfherol, quercetin, astragalin, reynoutrin, ricinine, dan sebagainya.

Bagaimana Cara Membuat Ramuan dari Daun Jarak ? berikut ini resep racikan herbal daun jarak untuk penyakit cacar air.

Bahan
  • 5 lembar daun jarak.
  • Air secukupnya ( untuk mandi ).

Cara Meracik :
  1. Cuci bersih 5 lembar daun jarak.
  2. Rebus daun jarak dengan air dalam satu panci.
  3. Pergunakanlah air tersebut untuk mandi dengan ditambah air bersih secukupnya, gunakan ketika air masih hangat.
  4. Mandilah dengan menggunakan ramuan diatas sebanyak 2 kali sehari sampai penyakit cacar air mongering.