Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kenali Khasiat dan Manfaat Pohon Saeh

Kenali Khasiat dan Manfaat Pohon Saeh - Pohon Saeh ( Broussonetiae Fructus ) adalah tanaman pohon yang berumah dua. Tanaman ini menyebar secara alami di Jepang, CIna, Indo-Cina, Thailand, Burma (Myanmar), dan India (Assam) juga di budidayakan di Asia Timur, Indonesia dan Polynesia sejak dulu. Serat kulit kayu bagian dalam pohon saeh digunakan untuk pembuatan kertas dan pabrik tekstil untuk pakaian. Dalam keadaan darurat, daunnya dapat digunakan untuk bahan makanan baik dimakan langsung, disayur, ditumis atau dikukus.

Pohon Saeh ( Broussonetiae Fructus ) adalah tanaman pohon yang berumah dua. Tanaman ini menyebar secara alami di Jepang, CIna, Indo-Cina, Thailand, Burma (Myanmar), dan India (Assam) juga di budidayakan di Asia Timur, Indonesia dan Polynesia sejak dulu.

Rasa dari herbal ini manis dan bershu dingin. Kandungan kimia di dalamnya adalah glikosida, asam coumarin, vitamin B, dan asam lemak.

Menurut kitab pengobatan cina tanaman ini memiliki target organ limpa, ginjal, hati, mata, dan kepala. Berkhasiat mengobati:
  • Ginjal Yang: kelemahan dan nyeri pada pinggang dan lutut, im*potensi, serangan dari pusing.
  • Ginjal Yin  : im*potensi, pembengkakan, ascites, kencing berkurang, edema, gangguan penglihatan, pusing, dan penglihatan kabur.
Bagian yang digunakan adalah buah yang telah dikeringkan. Dosis 9-15 gram, standar 10 gram. Dimasak selama 20 menit. Penggunaan selam kehamilan diperbolehkan.