Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kenali Khasiat dan Manfaat Kayu Gaharu

Kenali Khasiat dan Manfaat Kayu Gaharu - Kayu Gaharu dalam bahasa Cina sering disebut Chen Xiang. Gaharu adalah jenis kayu yang berwarna kehitam-hitaman dan mengandung resin khas yang biasanya digunakan untuk menghasilkan wewangian. Gaharu sejak awal era moderen (2.000 tahun lalu) telah menjadi komoditi perdagangan dari Kepulauan Nusantara ke India, Persia, Jazirah Arab, serta Afrika Timur.

Kayu Gaharu dalam bahasa Cina sering disebut Chen Xiang. Gaharu adalah jenis kayu yang berwarna kehitam-hitaman dan mengandung resin khas yang biasanya digunakan untuk menghasilkan wewangian.

Rasa dari herbal ini adalah tajam dan pahit, bersuhu hangat. Kandungan kimia yang terdapat di dalamnya, yaitu guia dienal, selina-dienal, selina-dienone, selina dienol, minyak atsiri, p-methoxybenzyl aseton, dan agaroterol.

Tanaman ini bekerja pada organ tubuh bagian perut, limpa dan paru-paru. Memiliki khasiat untuk mengatur Qi pada distensi atau adanya tekanan pada bagian abdomen, meredakan nyeri, membantu mengurangi mual, muntah, mengi karena dingin, serta gejala-gejala asma lainnya.

Bagian yang digunakan adalah kayu dengan kandungan resin yang telah dikeringkan. Dosis 1-3 gram, standar 1 gram, dimasak kurang lebih 20 menit.

Efek farmakologi kayu gaharu adalah sebagai antimikroba. Kualitas kayu dapat dilihat dari kecepatan tenggelam dalam air, jika bagus semakin cepat tenggelam sebab kandungan resin yang tinggi (kayu semakin padat). Kontraindikasi, prolaps akibat kekurangan Qi, api dari kekurangan Yin. Penggunaan selama kehamilan di perbolehkan.  Sumber: Kitab Pengobatan Oriental Cina