Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pala - Tanaman Obat Anti Insomnia

Insomnia (susah tidur ) merupakan jenis gangguan tidur yang berkaitan erat dengan kuantitas dan kualitas tidur yang tidak terpenuhi , ini bisa terjadi karena berbagai alasan, seperti efek dari penyalah gunaan obat-obat terlarang, stress berkepanjangan yang berujung pada depresi, atau bisa juga karena penyakit tertentu. Menurut berbagai sumber pola tidur normal antara 6 – 8 jam, dengan kualitas baik, dan tidak sering terjaga.
Pala - Tanaman Obat Anti Insomnia - Insomnia (susah tidur ) merupakan jenis gangguan tidur yang berkaitan erat dengan kuantitas dan kualitas tidur yang tidak terpenuhi , ini bisa terjadi karena berbagai alasan, seperti efek dari penyalah gunaan obat-obat terlarang, stress berkepanjangan yang berujung pada depresi, atau bisa juga karena penyakit tertentu. Menurut berbagai sumber pola tidur normal antara 6 – 8 jam, dengan kualitas baik, dan tidak sering terjaga.

Insomnia juga dibagi menjadi 2 kelompok  berdasarkan waktu terjadinya,:
  • Bila gangguan tidur ini terjadi pada tengah malam, dimana pada jam 21.00 – 22.00 bisa tidur dengan mudah, dan kemudian terbangun antara jam 24.00 – 02.00 dan tidak bisa tidur kembali. Maka ini bisa dikategorikan sebagai  insomnia yang lumayan berat bahkan bisa juga disebut dengan gangguan jiwa.
  • Bila gangguan ini terjadi antara jam 03.00 – 04.00, dimana pada waktu tersebut seseorang terbangun kemudian tidak bisa tidur kembali, biasanya insomnia jenis ini dikaitkan dengan keadaan depresi berat.
Nah, untuk mengatasi insomnia yang sifatnya ringan, dan tidak terdapat penyulit, misalnya penyakit tertentu, sebaiknya lebih dulu memulai pengobatan sendiri dengan memanfaatkan tanaman obat, yang secara empiris diyakini mampu mengatasi penyakit inomnia.

Biji dan Bunga Pala

Pala mengadung senyawa kimia myristicin, elimicin, dan safrole sebesar 2 - 18% yang terdapat pada biji dan bunga pala. Pala memiliki sifat menstimulasi berkhayal ( halusigenik ) dengan catatan dosis tidak melebihi 5 gram, mengapa? Karena dosis diatas 5 gram, misalnya mengkomsumsi 8 gram atau lebih akan merubah sifat pala menjadi zat narkotika yang berbahaya, bahkan bisa merenggut jiwa seseorang.

Sedangkan bunga pala dapat digunakan sebagai obat tidur dalam bentuk teh. Setiap 100 g bunga kira-kira mengandung air 16 g, lemak 22 g, minyak yang menguap 10 g, karbohidrat 48 g, fosfor 0,1 g, zat besi 13 mg. Warna merah dari fulinya adalah lycopene yang sama dengan warna merah pada tomat.

Cara Membuat Ramuan:

  1. Sediakan buah pala segar 1 biji ( kira-kira 20 g) dikupas kulitnya, dicuci lalu diparut. Hasilnya kemudian diseduh dengan air panas 1/2 gelas dan campurkan madu sesendok makan, aduk, diminum saat hangat-hangat kuku. Ramuan tadi untuk sekali minum dan sehari bisa minum 1 - 2 kali.
  2. Biji pala kering dengan ukuran 1/4 - 3/4-nya (2 - 4 g) ditumbuk halus, seduh air panas 1/2 gelas, campurkan madu secukupnya. Aduk dan minum selagi hangat. Ramuan untuk sekali minum dan sehari silakan minum 1 - 2 kali.
  3. Bunga pala kering sebanyak 1/2 - 1 sendok teh diseduh air panas 1/2 gelas, campurkan madu secukupnya, aduk, lalu minum hangat-hangat. Ramuan untuk sekali minum dan sehari boleh minum 1 - 2 kali.
  4. Demikian cara tradisional mengobati insomnia dengan pemanfaatan tanaman obat yang ada di sekitar kita, semoga bermanfaat. Salam herbal