Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Alami, Cepat dan Mudah Redakan Step Si Buah Hati

Step pada anak umumnya terjadi karena kontraksi otot yang berlebihan yang tidak terkendali. Pada dasarnya kejang atau step disebabkan oleh daya tahan tubuh anak yang menurun karena terserang penyakit dan tingginya suhu badan anak
Step pada anak umumnya terjadi karena kontraksi otot yang berlebihan yang tidak terkendali. Pada dasarnya kejang atau step disebabkan oleh daya tahan tubuh anak yang menurun karena terserang penyakit dan tingginya suhu badan anak. Ketika kondisi tersebut, sistem imun tubuh anak melakukan perlawanan terhadap penyakit sehingga temperatur tubuh anak naik pada suhu sekitar 38oC s.d. 39oC, lalu kejang atau step terjadi.

Ketika terjadi step pada anak, maka segera ambil air perasan jeruk nipis yang diberi sedikit garam, kemudian kompres pada ubun-ubunnya. Lalu, secepatnya cari sendok atau benda alumunium dan masukkan kemulut anak agar gigi atas dan bawah tidak berantuk. Sementara itu, pada lubang hidung anak kita baui dengan alkohol atau spiritus yang telah dicelupkan pada kapas.

Tanaman herbal yang dapat membantu mengatasi penyakit step pada anak salah satunya adalah bawang merah yang diramu dengan jeruk nipis. Bawang merah mengandung flavonglikosida yang berperan sebagai anti radang, pembunuh bakteri, sedangkan kandungan saponinnya mampu mengencerkan dahak. Tanaman tersebut juga memiliki sejumlah zat lain yang berkhasiat menurunkan panas, menghangatkan, memudahkan pengeluaran angin dari perut, melancarkan pengeluaran air seni, mencegah penggumpalan darah, menurunkan kolesterol, dan kadar gula dalam darah. Bawang merah juga bisa mencegah kanker kandungan sulfurnya. Umbi lapisnya mengandung zat-zat seperti protein, lemak, kalsium, fosfor, besi, vitamin B1 dan C.

Berikut ini adalah racikan ramuan herbal yang dapat membantu menyembuhkan kejang pada anak.

Bahan-bahan:

  • Bawang merah secukupnya
  • 1 buah jeruk nipis
  • Minyak kelapa.

Cara Membuat Ramuan

  1. Iris tipis-tipis bawang merah.
  2. Potong jeruk nipis menjadi 4 bagian, ambil sarinya.
  3. Campur kedua bahan tersebut dengan minyak kelapa secukupnya sambil diaduk dan diremas-remas.
  4. Gunakan campuran bahan tersebut untuk mengompres kepala anak.